Sukses

7 Kebiasaan Buruk ini Bikin Jerawat Muncul Jelang Valentine

Valentine tinggal hitungan hari lagi. Coba cek wajah Anda, apakah ada jerawat? Jangan sampai jerawat jadi kendala Anda saat Valentine.

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran jerawat di wajah, tidak hanya dipengaruhi oleh makanan dan hormon, tapi juga kebersihan. Cara menjaga kebersihan wajah yang kurang tepat hingga alat yang digunakan untuk berdandan tidak bersih, bisa memicu munculnya jerawat.

Agar tampil bebas jerawat di Valentine nanti, coba cek dan perbaiki kebiasaan berikut yang memicu jerawat muncul, seperti dikutip dari situs Good Housekeeping, Kamis (9/2/2017)

1. Tidak membersihkan wajah secara menyeluruh

Cairan pembersih wajah memiliki kemampuan baik untuk membersihkan area wajah dari sisa riasan, debu, dan kotoran.

Namun kesuksesan kebersihan ada pada pemilik wajah. Bila ada bagian yang tidak dibersihkan, jerawat bisa muncul. Salah satu bagian tersebut adalah perbatasan antara rambut dengan kulit wajah.

2. Malas keramas

Memiliki rambut berponi juga bisa membuat jerawat muncul. Jika cenderung memiliki rambut berminyak, sebaiknya rutin keramas. Jika tidak, minyak dari poni akan mengenai wajah.

Lalu hindari mengatur poni dengan tangan kotor. Hal ini juga bisa memicu jerawat muncul seperti dikatakan dokter spesialis kulit, Ava Shamban.

3. Tidak pernah membersihkan layar ponsel

Ponsel yang berada di tas atau saku celana sudah Anda bawa-bawa ke kamar mandi, atas meja restoran, dan tempat-tempat kotor lain. Lama kelamaan debu dan kotoran menumpuk di lapisan layar ponsel.

Saat mengangkat telepon, bagian wajah akan bersentuhan langsung dengan layar ponsel yang kotor.

Untuk mencegah kehadiran jerawat, rutinlah membersihkan layar ponsel menggunakan kapas yang diberi cairan alkohol. Paling tidak seminggu sekali.

4. Memencet jerawat

Saat jerawat besar lalu sudah muncul bagian putih di tengah-tengahnya, mungkin ada rasa gemas untuk memencetnya. Namun baiknya jangan lakukan ini. Memencet jerawat malah menambah jumlah bakteri sehingga malah makin banyak jerawat di wajah.

"Jika memang kondisi jerawat sudah parah dan untuk menghindari jaringan parut, konsultasikan dengan ahlinya," kata dokter Shamban.

5. Eksfoliasi berlebihan

Eksfoliasi itu perlu dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati serta debu atau kotoran di wajah. Namun bukan setiap hari. Melainkan sekitar dua sampai tiga kali seminggu.

"Berlebihan melakukan eksfoliasi membuat lapisan atas kulit kering pada awalnya, hal ini memicu kelenjar minyak bekerja lebih," kata dokter spesialis kulit Annie Chiu.

6. Memakai tabir surya tubuh untuk wajah

Kandungan tabir surya untuk tubuh berbeda dengan wajah. "Tabir surya tubuh mengenadung minyak mineral yang dapat memicu jerawat dan pori-pori tersumbat," kata Chiu.

7. Tidak pernah membersihkan kuas

"Bila Anda tidak rutin mencuci kuas, itu sama saja dengan menyebarkan kotoran dan bakteri ke wajah saat berdandan," kata profesional make-up artist, Laramie.

Jerawat pun muncul di saat Anda dan pasangan akan merayakan Valentine.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini