Sukses

5 Mitos Pemicu Keretakan Rumah Tangga

Berikut ini adalah beberapa mitos atau kepercayaan masyarakat yang seringkali membuat hubungan rumah tangga tidak harmonis.

Liputan6.com, Jakarta Menurut seorang psikolog ahli hubungan, 40 persen dari pasangan yang berpisah diakibatkan karena ketidakmampuan setiap pasangan dalam membahas suatu masalah rumah tangga dan membuat keputusan.

Belum lagi adanya faktor dari luar seperti pendapat atau kepercayaan masyarakat yang seringkali memberikan beban pada kehidupan berumah tangga. Secara tidak langsung streotip ini akan membuat pasangan sulit untuk membangun hubungan rumah tangga seperti yang diharapkan.

Melansir Genius Beauty, berikut ini adalah beberapa mitos atau kepercayaan masyarakat yang seringkali membuat hubungan rumah tangga tidak harmonis.

1. Belajar dari pengalaman orang lain

Kebanyakan setiap pasangan percaya pada cerita masa lalu yang pernah dialami oleh orangtua atau kerabat. Sadarkah Anda jika zaman telah berubah dan orang yang kita hadapi berbeda. Mungkin secara pemikiran Anda, masalah yang di miliki serupa namun hal ini belum tentu bagi pasangan Anda. Selesaikanlah masalah dengan pasangan lewat cara Anda sendiri bukan orang lain.

2. "Jika saya sempurna saya akan memiliki hubungan yang sempurna"

Mengapa harus menuntut diri sendiri untuk menjadi sempurna seperti penilaian orang lain jika Anda tidak nyaman. Ini hanya akan menghadirkan ketidakbahagiaan untuk diri Anda. Pasangan akan bahagia jika Anda bahagia. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tradisi makan malam keluarga

3. Jangan meremehkan tradisi makan malam keluarga

Arti sebenarnya dari berbagi makanan bersama adalah untuk menghabiskan waktu bersama-sama dengan pasangan. Ini adalah waktu yang tepat untuk berbagi cerita dan berbagi masalah, serta bagaimana menemukan solusi.

4. Berbagi pendapatan

Jangan terburu-buru untuk berbagi semua pendapatan. Setiap orang memiliki pengeluaran pribadi. Artinya setiap pasangan memiliki kebebasan finansial. Cara yang paling efektif dalam menyelesaikan anggaran keuangan adalah membuat anggaran umum. Saat Anda merasa belum mampu berbagi pendapatan dengan pasangan sebaiknya berterus terang, bukan membebani pikiran dengan tuntutan pasangan.

5. Membahas masalah akan menghancurkan hubungan

Jangan pernah memendam isu-isu yang tidak enak, ini hanya akan membuat hati menjadi jengkel. Bicarakan apa yang Anda rasakan dan ketahui pada pasangan agar Anda mengetahui kebenarannya. Misalnya Anda mendengar jika pasangan baru saja jalan dengan lawan jenisnya. Jangan diam atau takut membahas karena pasangan Anda akan marah. Semakin Anda terbuka, pasangan tak akan sungkan untuk berterus terang dan cerita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini