Sukses

Bebas Khawatir Terbang Bersama Anjing Kesayangan

Sebuah maskapai Jepang memiliki penerbangan khusus yang memperbolehkan penumpang dan anjing berada di kabin utama.

Liputan6.com, Jakarta Maskapai penerbangan Jepang, Japan Airlines, membolehkan penumpang untuk duduk bersama anjing kesayangan di kabin utama pesawat. Penerbangan seperti ini pertama kali dilakukan pada akhir Januari lalu dari Narita menuju selatan Jepang, Kagoshima Prefecture.

Selama dua jam terbang dengan jarak 1.384 km, penumpang tak perlu khawatir dengan anjingnya karena duduk bersampingan. Hal ini tentu saja membuat pemiliki anjing merasa tenang.

Salah satu penumpang, Toshihiko (41) tak menyia-nyiakan kesempatan ini. Dengan membayar sekitar Rp 17,2 juta rupiah (Kurs: Rp16.605/Pound sterling) dia bersama anjingnya berusia empat tahun tahun traveling bersama. Dulu sebelum ada ada penerbangan ini ia merasa tak tenang membayangkan anjingnya berada di sisi lain.

"Sangat menyakitkan bagi saya melakukan check in yang berbeda untukku dan anjingku. Aku check-in untuknya sama seperti bagasi dan dia terus menggonggong," kata Toshihiko seperti mengutip Daily Mail, Rabu (8/2/2017).

Bagi Japan Airlines sendiri, membuka penerbangan yang memperkenankan anjing masuk kabin bersama pemiliknya merupakan peluang usaha yang amat baik. Sekitar 18 persen orang Jepang memilih anjing sevagai hewan peliharaan. "Wisata udara dengan hewan peliharaan ini bakal jadi pasar baru bagi penerbangan domestik," kata perusahaan tersebut.

Ini bukan kali pertama maskapai Jepang memperkenankan anjing terbang berama pemiliknya. Pada Mei tahun lalu, All Nippon Airways menjajal penerbangan yang membawa 87 penumpang dengan 44 anjing menuju Hokkaido Prefecture.

Dalam penerbangan ini, anjing berada di dalam kandang duduk di kursi yang dekat jendela. Lalu, dalam penerbangan ini ada dokter hewan juga ikut serta, mengutip Japan Times. Biaya yang dikeluarkan untuk penerbangan ini sekitar Rp 41 juta (Kurs: Rp16.605/Poundsterling) untuk dua penumpang bersama anjing.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini