Sukses

Basmi Kutu Rambut dengan Cara dan Ramuan Rumahan

Infeksi kutu rambut bisa sangat mengganggu, namun tidak mudah untuk membasminya.

Liputan6.com, Jakarta Anak usia prasekolah dan sekolah dasar berisiko tinggi tertular kutu rambut. Menurut laman Healthline, anak-anak usia tersebut cenderung bermain berdekatan dan berbagi banyak hal serta saling menyentuh kepala.

Kutu rambut tidak memiliki sayap sehingga mereka berpindah tempat dengan merayap, secara cepat. Kutu rambut menyebar melalui kontak langsung dengan rambut orang yang terinfeksi. Kutu rambut juga bisa dengan mudah menyebar jika anak Anda berbagi sisir, topi, scarf, dan helm. Bahkan berbagi loker atau rak mantel juga sering dikaitkan dengan penularan kutu rambut.

Infeksi kutu rambut bisa sangat mengganggu, namun tidak mudah untuk membasminya.

"Masalah terbesar saat ini adalah kutu rambut menjadi resistan terhadap obat warung," ujar Anna Albano-Krosche, pemilik salon penghilang kutu rambut di Elmsford, New York pada laman Health.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mencoba ramuan atau cara rumahan untuk membasmi kutu rambut, dikutip dari laman Health, Rabu (8/2/2017).

1. Minyak zaitun

Bahan dapur ini bisa membuat kutu rambut mati lemas jika menghirupnya. Namun minyak zaitun perlu dioleskan semalaman dan rambut ditutupi dengan shower cap karena kutu rambut bisa bertahan hidup tanpa bernapas selama beberapa jam.

Anda juga harus menyisir rambut dengan serit untuk menghilangkan telur kutu. Minyak zaitun akan membantu menghilangkan telur kutu dari batang rambut. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hair dryer dan sisir serit

2. Gunakan hair dryer

Dalam sebuah studi disebutkan, metode semburan udara panas dari hair dryer sangat efektif membasmi telur kutu. Tetapi metode ini tidak terlalu efektif untuk mengatasi kutu rambut dewasa.

Uap panas yang dikeluarkan hair dryer jika langsung dihadapkan pada rambut bisa mengenyahkan sekitar 98 persen telur kutu dan 55 persen kutu rambut. Jadi gunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut yang baru dicuci untuk memudahkan pembasmian kutu rambut.

Tapi jangan gunakan uap panas hair dryer jika Anda baru saja mengoleskan pembasmi kutu berbahan kimia pada rambut atau kulit kepala. Beberapa obat tersebut mengandung bahan yang mudah terbakar.

3. Gunakan sisir serit

Meski Anda sudah menggunakan berbagai macam produk pembasmi kutu rambut, Anda tetap perlu menggunakan sisir serit agar lebih efektif.

"Produk pembasmi kutu rambut apa pun yang Anda gunakan, menyisir dengan sisir khusus adalah kuncinya. Anda tak akan terbebas dari kutu rambut sebelum menghilangkan telur kutu terakhir," ujar Albano-Krosche.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.