Sukses

Apakah Kondisioner Efektif Bersihkan Telur Kutu Rambut?

Ternyata kondisioner bisa mempermudah telur kutu rambut dibersihkan.

Liputan6.com, Jakarta Telur kutu rambut itu amat sulit untuk dibersihkan dari helai-helai rambut. Ada cairan perekat khusus yang membuat telur kutu menempel erat di rambut. Untungnya, hasil studi terbaru mampu menyingkap bahwa kondisioner yang biasa digunakan untuk menghaluskan rambut juga bisa membersihkan telur kutu rambut di kepala. 

Dalam studi yang dipublikasikan Journal of Medical Entomology menyebutkan kondisioner rambut mampu membersihkan telur kutu rambut seperti produk-produk khusus untuk mengatasi kutu rambut, mengutip Daily Mail, Rabu (8/2/2017).

Peneliti asal Belgia melakukan eksperimen dalam membersihkan telur kutu rambut yang tersisa di rambut dengan beragam produk. Hasilnya efek kondisioner dan produk komersial yang khusus mengatasi hal tersebut sama-sama bisa membersihkan telur kutu rambut.

Kandungan tertentu dalam produk komersial tersebut mengandung pelumas yang membantu mengurangi gesekan saat rambut dibersihkan menggunakan sisir serit . Efek yang sama juga berlaku pada kondisioner.

"Perawatan dengan kondisioner mengurangi gesekan dengan rambut serta menjaga rambut tetap sehat. Selain itu, kehadiran kondisioner membantu mempermudah pembersihan telur kutu rambut," kata peneliti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini