Sukses

Peneliti Ciptakan Lagu untuk Tenangkan Bayi Menangis

Dalam membuat lagu yang bisa menenangkan bayi menangis ini, para peneliti juga bertanya pada orangtua mengenai suara yang disukai bayi.

Liputan6.com, Jakarta Para pakar kini menjawab pertanyaan banyak orangtua mengenai lagu yang bisa membuat bayi menangis jadi tenang. Lagu "The Happy Song" salah satu jawaban untuk menenangkan bayi.

Pakar perkembangan anak Caspar Addyman dan psikolog musik Lauren Stewart diminta sebuah perusahaan makanan bayi untuk menganalisis musik yang bisa membuat bayi bahagia.

Sesudah riset panjang, duo ilmuwan tersebut meminta komposer pemenang Grammy serta vokalis Imogen Heap untuk membuat lagu. Aturan dalam membuat lagu yang bisa membuat anak bahagia adalah kunci mayor, sederhana, dan diulang-ulang, dinamis dan ada unsur kejutan yang membuat bayi terus mendengarkan lagu.

Lagu untuk membuat bayi menangis jadi tenang dan bahagia ini juga harus memiliki tempo cepat, disesuaikan dengan detak jantung bayi, dan penyanyi perempuan dengan suara energik.

"Rahasinya adalah membuat lagu yang lucu dan mudah diterima," kata Addyman seperti mengutip Time, Rabu (8/2/2017).

Dalam membuat lagu ini, tim peneliti juga bertanya kepada orangtua: suara apa yang bisa membuat bayinya tertawa. Ternyata suara seperti 'bip-bip', 'boo' dan beberapa lainnya disukai bayi.

Berdasarkan kriteria di atas, hadirlah lagu "The Happy Song". Berminat mendengarkan lagu ini untuk menenangkan buah hati yang sedang menangis?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.