Sukses

Kenali Penyakit Penyebab Tangan Sering Gemetar

Liputan6.com, Jakarta Tangan Anda kerap gemetar? Mungkin baru-baru ini atau sempat beberapa kali namun hilang dan kadang muncul kembali. Hal tersebut mungkin menjadi tanda Anda sedang stres atau marah, namun bisa juga karena penyakit tertentu.

Apapun penyebabnya, hal tersebut dinamai tremor. Sebenarnya, menurut laman WebMD, tremor tak hanya identik dengan tangan gemetar tapi juga kadang kaki juga.

Tremor esensial

Dari semua alasan untuk gemetar, kondisi ini adalah yang paling umum. Dokter Anda mungkin menyebutnya tremor esensial (ET). Kondisi ini biasanya dipengaruhi oleh sistem saraf.

Biasanya gemetar dimulai di tangan Anda, tetapi dapat pindah ke lengan, kepala, suara, atau bagian tubuh lainnya.

ET bisa terjadi akibat perubahan gen Anda (dokter Anda mungkin menyebutnya mutasi gen). Itu berarti jika salah satu orangtua Anda memiliki tremor, Anda lebih mungkin untuk mendapatkannya.

Faktor kurangnya kebersihan di lingkungan juga menyebabkan beberapa kasus. Tapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih memahami hubungan tersebut.

Meskipun ET dapat terjadi pada semua usia, kondisi ini lebih sering terjadi pada orang di atas 40 tahun. Meski tidak mengancam jiwa, namun ET bisa semakin parah dari waktu ke waktu. Stres, kelelahan, dan terlalu banyak kafein juga dapat memperburuk kondisi itu.

Memiliki ET bisa sangat menganggu aktvitas sehari-hari mengingat makan, minum, menulis dan kebanyakan tugas dilakukan menggunakan tangan.

Ada obat, tetapi tidak bekerja secara konsisten. Operasi adalah pilihannya. Seperti pengobatan yang disebut stimulasi otak dalam, dokter akan menanamkan perangkat di otak Anda untuk membantu mengontrol tremor.

Penyakit Parkinson

Tremor bisa juga merupakan tanda awal penyakit Parkinson, yang mempengaruhi 10 juta orang di seluruh dunia. Awalnya tremor hanya berupa gerakan kecil di tangan, kaki, atau bahkan satu jari. Namun seiring waktu, tremor bisa mempengaruhi satu sisi tubuh Anda.

Dalam kasus tertentu, tremor bisa berhenti ketika Anda bergerak. Tak jarang kondisi ini dinamai "resting tremor". Tapi seperti tremor pada umumnya, stres atau terlalu gembira dapat membuatnya lebih buruk.

1 dari 3 halaman

Multiple Sclerosis (MS)

Multiple Sclerosis (MS)

Penyakit ini menargetkan sistem kekebalan tubuh, otak, saraf, dan sumsum tulang belakang, juga dapat membuat tangan Anda bergetar. Anda kemungkinan besar memiliki tremor di tangan atau kaki.

Pengaruh Alkohol

Alkohol juga memiliki efek samping memicu tremor. Jika Anda minum terlalu banyak atau lama, tremor bisa lebih lama juga.

2 dari 3 halaman

Tidak selalu penyakit

Tidak Selalu Penyakit

Meski tangan gemetar cenderung menjadi tanda suatu penyakit, ada pula kondisi yang membuat tangan Anda gemetar, seperti:

- Obat

Kadang-kadang tremor adalah tubuh Anda adalah respon terhadap sesuatu. Efek samping obat misalnya, ada beberapa obat yang menghalangi zat kimia otak yang disebut dopamin. Getaran itu akan hilang ketika Anda berhenti minum obat.

- Defisiensi B12

Tanpa B12, sistem saraf Anda tidak akan bekerja seperti seharusnya. Anda dapat menemukannya dalam produk daging, ikan, unggas, telur, dan susu. Jika Anda kekurangan B12, tangan Anda gemetar.

- Stres

Punya masalah keuangan dan pekerjaan akan mempengaruhi kesehatan. Dalam hal ini, stres akan memperburuk tremor. Amarah, kelaparan ekstrem, atau kurang tidur juga dapat membuat tangan gemetar. Hal ini dikenal sebagai tremor fisiologis.

- Gula darah rendah

Kondisi hipoglikemia ini akan memicu respon stres alami tubuh Anda dan membuat tangan metar.

- Tiroid yang terlalu aktif

Kelenjar ini berada di leher Anda, tepat di atas tulang selangka Anda. Ketika itu di terlalu aktif, maka Anda mungkin akan mengalami kesulitan tidur, jantung Anda mungkin berdetak lebih cepat, dan tangan Anda gemetar.

- Kerusakan saraf

Cedera atau pernah mengalami masalah dengan sistem saraf pusat juga dapat menyebabkan tremor. Dokter Anda akan memanggil neuropati perifer. Tremor dapat mempengaruhi tangan dan kaki.

Karena penyebab dan pengobatan bervariasi untuk berbagai jenis tremor, penting untuk melakukan konsultasi dengan dokter mengenai sejarah tremor dan gejala yang Anda alami.

Artikel Selanjutnya
12 Tanda Fisik Ini Tunjukkan Anda Derita Penyakit Jantung
Artikel Selanjutnya
Catat 7 Tanda Mengejutkan Demensia