Sukses

Di Masa Depan, Akan Ada Vaksin Flu untuk Anjing

Dokter hewan di Amerika Serikat sedang mengembangkan vaksin flu untuk anjing.

Liputan6.com, New York- Salah satu vaksin untuk dewasa yang direkomendasikan adalah vaksin flu. Dan nampaknya di masa depan, anjing juga perlu mendapatkan vaksin ini.

Kini, dokter hewan dari University of Rochester School of Medicine and Dentistry, Amerika Serikat, sedang mengembangkan vaksin flu untuk anjing. Kehadiran vaksin ini dibuat tidak hanya untuk mencegah anjing sakit flu, tapi juga mencegah kemungkinan penulran strain flu dari anjing ke manusia.

Tahap pengujian vaksin flu anjing baru dilakukan pada tikus. Dalam studi yang dipublikasikan Journal of Virology, vaksin ini aman dan mampu mencegah tikus terinfeksi H3N8, strain flu yang umumnya menyerang anjing seperti mengutip Time, Senin (6/2/2017).

"Langkah selanjutnya yang akan kami lakukan adalah uji klinis pada anjing. Jika sukses, peneliti akan mencari perusahaan untuk memproduksi dan menjual vaksin ini," kata salah satu peneliti yang juga profesor di bidang mikrobiologi dan imunologi, Luis Martinez-Sobrido.

Sobrido juga menerangkan bahwa vaksin flu untuk anjing ini juga dibuat untuk mencegah penularan strain flu yang ada pada hewan peliharaan ke pemiliknya.

"Anjing adalah hewan yang dekat sekali dengan manusia. Bila terjadi penularan virus flu ke manusia bisa menjadi masalah," katanya lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini