Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

7 Alasan Pria Sulit Raih Ereksi

Pria usia muda juga bisa sulit ereksi. Penyebabnya ada beberapa hal. Mulai dari obat hingga masalah mental.

Liputan6.com, Jakarta Saat suami tidak mampu ereksi meski sudah dirangsang, banyak istri yang merasa besalah. 'Jangan-jangan aku sudah sudah tidak menarik ya', 'Jangan-jangan suami punya wanita idaman lain'.

Penyebab pria sulit meraih ereksi itu ada banyak hal. Tidak selalu salah istri. Walaupun suami masih muda, juga bisa mengalami sulit meraih ereksi. Berdasarkan American Journal of Medicine sekitar 15 persen pria usia 20-39 tahun sulit mendapatkan ereksi. Sisanya mengatakan selalu atau hampir selalu memiliki ereksi.

Berikut tujuh kemungkinan penyebab suami sulit ereksi seperti mengutip Bustle, Minggu (5/2/2017).

1. Lelah

Kondisi lelah kronis pada seseorang berdampak pada banyak aspek, termasuk gairah seksual. Tak heran bila pria yang sering insomnia dan mengejar deadline pekerjaan yang menyita waktu bisa mengalami kelelahan. Sehingga memilih tidur daripada bermesraan dengan pasngan.

Satu-satunya cara untuk mengatasi hal ini dengan istirahat. Lalu, bila mengalami insomnia, tidak ada salahnya ke dokter untuk mendapatkan saran menangani masalah kesulitan tidur itu.

2. Mengonsumsi obat antidepresan

Mengonsumsi obat tertentu juga berengaruh terhadap gairah seksual pria. Obat antidepresan, anticemas, tekanan darah tinggi kerap membuat pria jadi sulit ereksi. Tak perlu malu membicarakan dokter akan hal ini, dokter akan menelusuri penyebabnya.

3. Stres

Sekitar 20 persen masalah sulit ereksi karena stres. Orang yang stres cenderung memiliki suasana hati kurang baik sehingga menurunkan gairah bercinta.

4. Cemas akan performa di atas ranjang

Ukuran penis hingga kemampuan merangsang istri kerap membuat pria panik. Sebagai pria, mereka tidak boleh melakukan hal-hal yang membuat dirinya nampak bodoh. Nah, kecemasan akan performa di atas ranjang seperti inilah yang membuat pria sulit ereksi.

Solusi untuk hal ini adalah dengan mendiskusikan dengan pasnagan. Tanyakan kepadanya apa yang disukai dan tidak. Jangan lupa, tanyakan apa yang istri inginkan saat bercinta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hubungan bermasalah

5. Merokok

Merokok merusak pembuluh daah serta menghambat aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke area genital. Sehingga tak heran, sekitar 40 persen pria dengan masalah ereksi adalah perokok.

Dan bila ingin meraih kembali ereksi sempurna, berhentilah merokok. Hasil studi di 2011 menyebutkan sekitar 75 persen pria yang tidak lagi merokok berhasil ereksi.

Sulit ereksi akan mengganggu kehidupan seks

6. Ada masalah kesehatan

Bisa jadi masalah sulit ereksi itu merupakan indikator adanya masalah kesehatan yang lebih serius.
Beberapa studi menyebutkan masalah ereksi pada pria muda merupakan indikator pertama dari penyakit jantung. Selain itu, terkait juga dengan diabetes, gangguan tiroid, dan masalah kesehatan serius lain.

7. Hubungan bermasalah

Setiap pasangan pasti memiliki masalah. Mulai dari pelanggaran harapan atau bohong. Ketika hubungan dengan pasangan sedang ada masalah, hal ini mampu membuatnya enggan bercinta, apalagi ereksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini