Sukses

5 Hal Tentang Ovarium yang Harus Wanita Ketahui

Setiap bulannya ovarium Anda akan selalu berubah bersamaan dengan ketika mereka melakukan tugasnya, yaitu melepaskan telur.

Liputan6.com, Jakarta Kemungkinan besar Anda tidak terlalu memikirkan ovarium atau indung telur Anda (kecuali memang Anda sedang dalam program hamil), namun walaupun Anda tidak memikirkannya secara rutin, organ ini sebetulnya berperan sangat penting untuk kehidupan keseharian Anda.

“Dari perspektif biologis, kita ada di dunia ini untuk memperbanyak manusia, jadi hal tersebut menjadikan ovarium sebagai salah satu organ terpenting kita,” ujar Mary Jane Minkin, MD, profesor obstetri klinis, ginekologi, dan reproduksi di Yale School of Medicine. Berikut 5 hal yang perlu Anda ketahui tentang ovarium, dilansir dari laman Prevention, Minggu (5/2/2017):

1. Memproduksi hormon
Ovarium pada wanita mengeluarkan estrogen dan progesteron, ujar Minkin. Kedua hormon tersebut merupakan hormon yang berperan terhadap perkembangan tubuh wanita ketika masa pubertas (pertumbuhan payudara, menstruasi, dan pinggul yang membesar). Estrogen dan progesteron juga menyiapkan rahim untuk pembuahan.

2. Ukuran yang tidak tetap
Tidak seperti organ lainnya, ovarium Anda selalu berubah ukurannya: mereka terus berubah sepanjang siklus dan hidup Anda. Setiap bulannya ovarium Anda akan selalu berubah bersamaan dengan ketika mereka melakukan tugasnya, yaitu melepaskan telur.

“Namun hal tersebut hanya sementara,” ujar Alyssa Dweck, MD, seorang asisten profesor obstetri klinis & ginekologi di Mount Sinai School of Medicine. Perubahan kecil tersebut akan berhenti ketika Anda memasuki masa menopause. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berkaitan dengan stres

3. Berkaitan dengan stres
"Stres sangat berpengaruh terhadap ovulasi,” ujar Dweck. Ketika tubuh sedang dalam tekanan-tekanan dalam kategori serius seperti kehilangan berat tubuh yang drastis secara tiba-tiba, ovarium Anda akan berhenti melepaskan telurnya.

“Sederhananya, alam memiliki caranya sendiri untuk mencegah terjadinya kehamilan ketika Anda sedang berada dalam masa tertekan,” ujar Dweck.

4. Bisa menjadi penyebab jerawat 
Karena ovarium berperan besar terhadap keseimbangan hormon tubuh, mereka bisa menjadi penyebab masalah kesehatan akibat hormon.

5. Gunakan pil kontrasepsi
Pil kontrasepsi--secara spesifik hormon estrogen dan progesteron dalam bentukk pil--bisa sangat mengurangi resiko Anda untuk terkena kanker ovarium, menurut American Cancer Society.

Pil tersebut bahkan berperasn signifikan dalam mengurangi risiko wanita yang memiliki mutasi gen BRCA1 atau BRCA2 (yang memposisikan Anda pada risiko yang lebih tinggi untuk terkena kanker ovarium), Minkin menjelaskan.

“Pil kontrasepsi sangatlah efektif dan bisa mengurangi resiko mereka hingga 50 persen pada beberapa penelitian,“ ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini