Sukses

Kerjakan 6 Tips Ini Supaya Tidak Uring-Uringan Saat PMS

PMS begitu terasa menyiksa dan membuat wanita jadi uring-uringan tak menentu. Supaya terhindar dari kondisi itu, lakukan 6 tips ini.

Liputan6.com, Jakarta Semua wanita pasti tahu bagaimana PMS (sindrom pra menstruasi) dapat mempengaruhi hari-harinya. PMS merupakan kondisi yang terdiri atas beberapa gejala fisik, emosi, dan perilaku yang dialami oleh seorang perempuan sebelum datangnya siklus menstruasi, yang menyebabkan ia mengalami gangguan dalam fungsi dan aktivitas sehari-hari, dan  gejala-gejala tersebut akan menghilang saat menstruasi tiba.

Gejala ini dipicu oleh serangkaian fluktuasi hormonal yang terjadi dalam tubuh perempuan, beberapa hari sebelum menstruasi dan cenderung menyebabkan sakit fisik dan perasaan Anda. Meskipun tidak semua perempuan mengalami PMS tapi sebagian besar perempuan mengalaminya sampai usia tertentu.

Beberapa gejala yang paling umum dari sindrom pramenstruasi adalah payudara menjadi lembut, perut kembung, kelelahan, nyeri di belakang dan perut bagian bawah, perubahan suasana hati, lekas marah, dan kecemasan.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat PMS lebih ringan seperti dikutip dari situs Boldsky, Minggu (5/2/2017)

Tips 1

Buatlah catatan tanggal periode Anda, sehingga Anda dapat mengetahui kapan PMS Anda akan tiba. Tips ini dapat membantu Anda agar lebih siap untuk menghadapi gejala PMS.

Tips 2

Intensitas olahraga Anda ditingkatkan sebelum tanggal perkiraan PMS tiba. Olahraga mampu meningkatkan endorfin di otak dan membuat hati Anda lebih rileks.

Tips 3

Konsumsi buah jeruk untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda selama PMS dan melindungi diri terhadap infeksi.

Tips 4

Manjakan diri Anda ketika merasa takut menghadapi PMS. Anda bisa menenangkan diri saat mandi atau menonton film dengan ditemani beberapa makanan ringan.

Tips 5

Hindari mengonsumsi alkohol saat Anda mengalami sindrom pramenstruasi, alkohol dapat memperburuk fluktuasi hormonal dan mengganggu “mood” Anda.

Tips 6

Tambahkan telur dalam diet Anda. Kandungan vitamin B dalam telur dapat meningkatkan “mood”  hati Anda dan mengurangi kram.

Tips 7

Anda juga dapat mengonsumsi pisang saat PMS. Pisang kaya akan kandungan kalium sehingga mengurangi munculnya kembung dan menjaga “mood” hati Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini