Sukses

6 Buah Penangkal Hipertensi, Cegah Orang Muda Terkena Stroke

Ada enam buah yang disebut dapat menangkal terjadinya hipertensi. Pada pasien hipertensi, dapat menurunkan tekanan darahnya.

Liputan6.com, Jakarta Kewaspadaan masing-masing individu terhadap penyakit hipertensi atau darah tinggi masih rendah. Sebisa mungkin kita tidak boleh menghiraukannya, karena hipertensi merupakan pemicu dari sejumlah penyakit yang mengancam, seperti stroke dan gagal ginjal.

Pemerintah mengklaim bahwa 32 persen masyarakat Indonesia menderita hipertensi. Banyak di antaranya adalah orang muda. Guna mencegah terjadinya hipertensi, sebaiknya mencegah datangnya penyakit ini dengan rajin mengonsumsi buah.

Staf Intalasi Gizi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Ati Latifah, menyebut ada enam buah yang dipercaya dapat menangkal hadirnya hipertensi ini.

"Seperti buah pisang, tomat, jeruk, kiwi, semangka, dan pepaya," kata Ati Latifah dalam keteran resmi yang diterima Liputan6.com ditulis Minggu (5/2/2017)

Ati Latifah mengatakan 6 jenis buah untuk mengatasi hipertensi tersebut merupakan rekomendasi dari dokter spesialis. Berikut penjelasan 6 jenis buah agar terhindar dari hipertensi;

1. Pisang

Buah ini merupakan rekomendasi pertama oleh dokter untuk menurunkan darah tinggi. Lantaran adanya kandungan kalium yang sangat berlimpah. Kalium sendiri diyakini dapat menurunkan tingkat kerja jantung tetapi memperkuat kontraksinya. Dengan mengonsumsi kalium dari pisang, darah tinggi akan menurun dengan cepat.

Penyajiannya pun bermacam - macam, seperti menjadi makanan ringan atau dipadupadankan dengan yogurt serta oatmeal.

2. Tomat

Ternyata buah tomat adalah salah satu buah yang dapat menurunkan darah tinggi dan kolestrol tinggi, selain baik untuk prostat.

Karena di dalam tomat terdapat kalium yang mengandung antioksidan bernama lycopene. Lycopene inilah yang membuat warna tomat menjadi merah. Agar efektifitas tomat terhadap penurunan hipertensi berlangsung lancar, sebaiknya dikonsumsi langsung. Hindari jus tomat kemasan.

3. Jeruk

Seseorang yang mengonsumsi dua jus jeruk setiap hari, diyakini dapat menurunkan tekanan darahnya. Efek penurunan tekanan darah itu dapat dirasakan, saat kita telah mengonsumsinya selama dua sampai empat pekan berturut - turut.

4. Kiwi

Buah dengan daging berwarna hijau dan rasanya asam segar ini mengandung zat yang sama dengan pisang dan tomat, yaitu kalium.

Kandungan kalium dalan buah dengan nama burung du New Zealand ini, juga mengandung vitamin C yang berperan sebagai penangkal radikal bebas.

5. Semangka

Buah manis menyegarkan dan mengandung banyak air ini, bagus untuk penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Buah semangka juga dapat mencegah terjadinya penyakit darah tinggi pada orang yang memiliki tekanan darah yang masih normal.

Dalam semangka terkandung L-citrulline yang dapat membantu meregulasi dan membantu menurunkan tekanan darah. Satu hal lagi manfaatnya, buah ini mengandung asam amino yang bisa mencegah timbulnya penyakit tekanan darah tinggi terhadap orang normal.

6. Pepaya

Buah tropis ini adalah yang paling favorit menjadi penurun tekanan darah di kalangan penderita hipertensi. Selain mengandung kalium, pepaya mengandung senyawa yang terbukti dapat menurunkan kuantitas tekanan darah bernama flavonoid, pada penderita hipertensi.

Namun, kata Ati, selain mengonsumsi 6 jenis buah di atas, penderita hipertensi sebaiknya mengetahui apa saja makanan yang harus dihindari.

"Secara umum penderita tekanan darah tinggi wajib mengurangi konsumsi garam, minyak dan lemak, memperbanyak serat dari sayur dan buah, serta mengurangi mengkonsumsi alkohol dan berhenti merokok," ujar Ati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Stroke adalah kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak.

    Stroke

  • Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi kronis di mana tekanan darah meningkat

    Hipertensi

  • buah