Sukses

Ibu Baru, Pelajari 6 Teknik Menenangkan Bayi Menangis Ini

Ibu baru jangan panik atau bingung menghadapi bayi menangis ada beberapa teknik yang bisa dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Beragam cara sudah dilakukan tapi bayi tetap saja menangis? Mulai dari menyusui, mengganti popok, memeluk, bahkan membuatnya nyaman agar tidur tapi tetap saja bayi menangis. Bagi ibu baru, kondisi ini bisa membuatnya bingung harus melakukan apa.

Namun, ibu baru jangan panik atau bingung menghadapi ini. Jika serangkaian kebutuhan sudah dilakukan tapi masih bayi menangis, coba satu dari lima teknik menenangkan bayi berikut. Selengkapnya seperti mengutip Huffington Post, Sabtu (4/2/2017).

1. Mengayunkan

Memegang bayi di tangan lalu mengayunkan perlahan dari samping ke samping satunya merupakan hal biasa ibu lakukan untuk menenangkan bayi menangis. Faktanya, tidak semua ibu baru mengetahui hal ini.

Cara ini terbukti secara ilmiah mampu menenangkan bayi menangis seperti terungkap dalam studi Jepang yang dipublikasikan Current Biology.

2. 'Membungkus' bayi

'Membungkus' bayi dengan kain lembut dari leher hingga kaki sudah dipraktekkan ribuan tahun lalu untuk menenangkan bayi. Menurut banyak orangtua, ini merupakan cara agar bayi lebih merasa nyaman dan aman.

Jika Anda menjajal cara ini, pastikan tidak membungkus bayi dengan lurus. Biarkan kakinya seperti katak dan bukan lurus saat dibungkus kain.

Penyebab Bayi Sering Menangis

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suara pengering rambut

3. Suara pengering rambut

Banyak bayi yang tenang karena mendengar suara pengering rambut atau air mengalir. Kondisi ini juga dialami bayi pada saat di rahim.

"Saat di rahim, bayi dikelilingi deru aliran darah di sekitar plasenta," kata dokter spesialis anak Harvey Karp.
Sehingga kehadiran suara pengering rambut, deru mobil, air mengalir bisa membuatnya tenang. Bahkan kini, sudah banyak aplikasi yang meniru suara peralatan rumah tangga (white noise).

4. Menyanyikan lagu

Cobalah menyanyikan lagu-lagu anak atau mengeluarkan mainan dengan suara gemerincing.

5. Jalan-jalan keluar rumah

Bila masih saja bayi menangis, coba ajak dia jalan-jalan keluar rumah. Pemandangan baru, udara segar, dan hal-hal baru bisa membuat bayi terstimulasi jadi lebih tenang.

6. Sentuhan bayi

Terkadang bayi hanya butuh dekat dengan ibu. Bisa jadi dia hanya ingin mendapatkan sentuhan ibu. Oleh karena itu jika masih saja bayi menangis saat dipeluk, coba pijat dia dengan lembut.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini