Sukses

Orang Kantoran Bisa Turun Berat Badan Meski Duduk Seharian

Beginilah cara yang dapat dilakukan para karyawan agar bisa turun berat badan meski dia duduk seharian

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan pekerja kantoran harus selalu duduk di balik meja kerjanya selama berjam-jam. Hal ini tentunya bisa membuat Anda kesulitan turun berat badan. Jemari Anda yang mengetik bisa dibilang satu-satunya bagian tubuh yang mendapatkan cukup olahraga.

Belum lagi, kebiasaan mencemil saat kerja di depan komputer tak akan membantu memperkecil lingkar pinggang Anda.

"Ditambah, jika pekerjaan Anda sangat membuat stres, Anda akan jadi lebih banyak makan secara emosional," ujar Rebecca Scritchfield, RDN, dan penulis buku Body Kindness yang baru akan rilis.

Anda bisa mencoba melakukan olahraga meja, tapi tetap saja keseharian Anda kebanyakan akan bersifat sedentary. Menurut Scritchfield Anda harus mengatur waktu dengan strategis sepanjang hari jika ingin turun berat badan.

"Kecuali Anda berencana untuk mencari pekerjaan yang lebih aktif, Anda harus mencari aktivitas Anda sendiri," ujarnya.

Berikut aktivitas yang bisa bikin turun berat badan, seperti disarankan oleh Scritchfield, melansir Prevention, Kamis (2/2/2017).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prioritaskan olahraga

1. Prioritaskan olahraga 30 menit

Rombak jadwal harian, dan pastikan Anda menyisihkan 30 menit setiap hari untuk berolahraga, lima hari seminggu, ujar Scritchfield. Pinggirkan hal-hal lain yang tak terlalu penting untuk kesehatan, seperti menonton TV dan memantau media sosial.

2. Jadikan tangga sebagai gym pribadi

Ketika Anda sampai di kantor, gunakan tangga bukan elevator, Scritchfield menyarankan. Dia juga mengatakan, Anda bisa menyisipkan olahraga 30 menit sehari dengan cara menyempatkan naik turun tangga selama 10 menit tiga kali sehari.

3. Stok cemilan sehat

Mengisi laci kerja dengan makanan-makanan sehat akan menjauhkan Anda dari keripik kentang dan biskuit. Isi laci dengan buah-buahan kering, kacang-kacangan, pop corn bebas butter, dan teh.

4. Minum 2,7 liter air per hari

Menurut American Council of Exercise, wanita aktif harus minum setidaknya 2,7 liter air setiap hari. Walaupun Anda harus tetap melakukan hal ini di akhir pekan, menyisip air sepanjang hari kerja bisa menjauhkan rasa lelah, mencegah sakit kepala karena dehidrasi, dan bisa mencegah keinginan mencemil.

Belum lagi, keinginan buang air mau tidak mau akan memaksa Anda beranjak dari kursi dan bergerak ke kamar mandi.

3 dari 3 halaman

Pilih makanan yang sehat

5. Pilih cemilan yang mengandung protein

Seandainya Anda tak bisa benar-benar mengusir hasrat ingin mencemil, kominasikan cemilan Anda dengan protein. Ini karena protein yang bisa membangun otot membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dibandingkan dengan karbohidrat dan gula.

Ini akan mencegah peningkatan gula darah dan penurunan drastis setelahnya. Kacang, biji-bijuan atau bahkan telur rebus bisa jadi pilihan.

6. Bawa bekal

Walau berjalan mencari makan siang adalah cara ampuh mengusir stres dan menambah gerak Anda, makan siang yang Anda beli bisa jadi mengandung lebih dari 1000 kalori. Hal ini bisa membuat Anda jadi mengantuk di sore harinya.

Bawalah makan siang Anda sendiri, yang sudah Anda isi dengan menu-menu sehat. Masih ingin makan siang jauh dari meja kerja? Makanlah di luar, atau di ruang istirahat (break-out) yang disediakan kantor.

7. Kerja sambil berdiri

Penelitian menunjukkan, Anda bisa membakar ekstra kalori setiap jamnya jika Anda berdiri di depan meja, bukannya duduk.

Dan sebelum Anda meminggirkan ide ini, ketahuilah berdiri mampu memperbaiki kadar gula darah--yang bagus untuk usaha turun berat badan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini