Sukses

Tangkis Flu di Musim Hujan dengan Konsumsi 5 Bahan Herbal Ini

Mulai dari kemangi hingga serai berikut bahan-bahan yang bermanfaat untuk mencegah flu di musim hujan.

Liputan6.com, New York- Akhir-akhir ini hujan mengguyur hampir setiap hari. Gara-gara sering kehujanan, daya tahan tubuh jadi menurun yang berujung flu. 

Agar flu tak menghampiri, konsumsi sejumlah bahan herbal yang bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh kala musim hujan. 

Mulai dari kemangi hingga serai, berikut bahan-bahan yang bermanfaat untuk mencegah flu di musim hujan seperti mengutip Prevention, Kamis (2/2/2017).

1. Kemangi

Kemangi merupakan salah satu lalapan yang mudah kita temukan. Nah, jangan sia-siakan kehadiran sayuran satu ini karena bermanfaat bagi tubuh. Daum kemangi membantu mengurangi demam serta meredakan batuk dan flu.

2. Serai

Membuat teh panas ditambah serai membuat sajian minuman ini jadi terasa sedap apalagi dinikmati saat hujan. Sejak dulu, mengonsumsi teh dengan dau serai bermanfaat mengatasi demam, batuk, dan pilek seperti disampaikan ahli herbal, Michael J. Balick.

3. Kayu manis

Selain menghangatkan tubuh menggunakan baju hangat, perlu juga menghangatkan bagian dalam lewat makanan. "Kayu manis bermanfaat untuk menghangatkan tubuh serta membantu meringankan flu," kata Balick.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bawang putih dan jahe

4. Bawang putih

Perbanyak konsumsi bawang putih saat musim hujan seperti ini. "Bawang putih sudah lama diketahui manfaatnya bagi kesehatan, paling tidak sudah lebih dari 5.000 tahun," kata Balick.

Bawang putih mengandung senyawa yang antiperadangan yang secara ilmiah terbukti bisa mencegah flu.

5. Jahe

Jahe bisa membantu meredakan gejala pilek dan flu. Cara mudah memanfaatkan manfaat tanaman herbal ini dengan menambahkan jahe ke dalam teh hangat. Pasti sajian ini terasa pas saat hujan turun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.