Sukses

Ultah Pernikahan, Pria Ini Beri Hadiah Ginjal Baru untuk Istri

Seiring makin parahnya kondisi kesehatan Cindy, pasangan ini lantas berdiskusi mengenai kemungkinan Scott sebagai donor ginjal sang istri.

Liputan6.com, Jakarta Cindy Chaflan (45) dari Suffolk, Virginia, Amerika Serikat mendapat hadiah ulang tahun perkawinan istimewa dari sang suami, Scott (47).

Cindy memiliki kelainan genetika berupa penyakit ginjal polycystic. Ada kista tumbuh di dalam ginjal Cindy. Kista tersebut membuat ginjalnya membesar dan merusak jaringannya sehingga menyebabkan komplikasi. Ibu, paman, dan kakek Cindy telah sukses mendapat transplantasi. Sementara Cindy yang didiagnosis dengan kelainan tersebut sejak usia 22, baru mengalami penurunan fungsi ginjal secara serius setelah umur 38.

"Ketika umur 40, aku masuk dalam daftar penerima transplantasi ginjal dan bersiap untuk dialisis," ujarnya, dilansir dari Today, Kamis (2/2/2017).

Seiring makin parahnya kondisi kesehatan Cindy, pasangan ini lantas berdiskusi mengenai kemungkinan Scott sebagai donor ginjal sang istri. Hasil tes di 2013 menunjukkan, Scott cocok menjadi donor. Namun Cindy belum siap untuk melakukan transplantasi. Baginya terlalu sulit membayangkan pasangan hidup yang dicintai menjadi donor.

"Bagaimana jika hal buruk terjadi? Menerima donor dari orang tak dikenal saja rasanya sulit. Dan semakin sulit untuk menerima hadiah itu dari seseorang yang kau cinta," ucapnya.

Scott tak menerima keputusan istinya begitu saja. Dia mulai mendesak Cindy untuk mempertimbangkan hal itu di akhir 2014. Scott semakin tak tega melihat Cindy harus melalui dialisis atau cuci darah yang menyakitkan.

Akhirnya pada September tahun lalu, setelah mengalami prosedur invasif pada satu-satunya ginjal yang tersisa, Cindy menyetujui permintaan Scott.

"Aku memandangnya di sofa dan berkata, `Kau berhak mendapatkan istrimu. Anak-anak berhak mendapat ibu mereka. Dan aku pun berhak untuk menjalani hidupku, bukan sekadar ada di sini," cerita Cindy.

Semuanya berjalan cepat setelah Cindy menyatakan keputusannya. Dua hari kemudian pasangan tersebut telah menyusun jadwal tes di dokter mereka. Keduanya menjalani proses transplantasi pada 24 Januari lalu, sehari sebelum ulang tahun pernikahan ke-2 mereka.

Bagi Cindy, dia menerima hadiah tak terbayangkan. Sementara Scott merasa sangat beruntung bisa memberi kado terbaik bagi sang istri.

"Keluar dari ruang bius, aku punya dua pertanyaan, `Apakah dia baik-baik saja?` dan `Apa operasinya berhasil?`. Ketika ibu mertuaku berdiri di sana, mengatakan bahwa ginjalnya berfungsi... Itu merupakan hal luar biasa," ucapnya sambil tercekat, mengatasi luapan emosional.

Scott dan Cindy kini dalam masa pemulihan usai transplantasi ginjal. Namun kondisi keduanya semakin baik. Scott sangat terharu melihat kesehatan istrinya mengalami peningkatan. Warna kulit dan mata Cindy terlihat jauh lebih baik. Dan mereka yakin bisa melanjutkan impian bersama keluarga tercinta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.