Sukses

Studi: Pria Botak Tampak Lebih Menarik dan Cerdas

Pria botak cenderung terlihat dewasa, cerdas, dan bijaksana di mata wanita.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa pria memang kurang bisa menerima jika kepalanya mulai menunjukkan tanda-tanda kebotakan. Hal yang sama juga menimpa suami Anda? Jika suami tampak resah karena kehilangan helai-helai rambutnya, katakan agar tak perlu terlalu mengkhawatirkan hal itu.

Laman Business Insider menulis, sebuah studi sejak 2012 menujukkan bahwa pria botak lebih terlihat sukses dan dominan dibandingkan pria dengan rambut lebat. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa wanita menganggap pria botak lebih kuat, berpengalaman, dan berkuasa. Sebetulnya hasil studi tersebut tidak terlalu mengejutkan mengingat beberapa aktor Hollywood ternama tak memiliki rambut, sebut saja Bruce Willis, Jason Statham, dan Dwayne Johnson atau "The Rock".

Riset yang dilakukan oleh peneliti Albert E. Mannes di University of Pennsylvania ini mengumpulkan informasi dari 59 subyek dengan menunjukkan beberapa foto pria. Foto pertama menggambarkan pria dengan rambut lebat sementara pada foto kedua tampak pria yang sama tanpa rambut alias botak. Sebagian besar partisipan melaporkan bahwa mereka menganggap pria botak secara keseluruhan lebih menarik.

Berikut alasannya, kebotakan seperti memberi kesan langsung dan nyata mengenai pria tersebut.

"Saya tak menyarankan bahwa Anda perlu membotaki rambut agar tampak berhasil, melainkan percakapanlah yang membuat Anda aktif," ujar entrepreneur teknologi, Seth Godin.

Pria botak cenderung terlihat dewasa, cerdas, dan bijaksana di mata wanita. Demikian menurut studi lain yang dilakukan oleh University of Saarland, dikutip dari Goodhousekeeping, Rabu (1/2/2017).

Tapi yang perlu digarisbawahi mengenai botak di sini adalah pria yang benar-benar botak tanpa rambut yang dianggap menarik, cerdas dan sukses. Sementara pria dengan tanda kebotakan atau mengalami sebagian botak dianggap lemah dan kurang menarik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini