Sukses

10 Sisa Makanan ini Jangan Dibuang ke Wastafel

Wastafel bukan tempat sampah. Janganlah membuang sisa makanan ke dalam wastafel karena berbahaya

Liputan6.com, Jakarta Saluran pembuangan (wastafel) bukanlah tempat sampah yang bisa menampung segala kotoran, termasuk sisa makanan. Bila Anda menyepelekannya, bukan tak mungkin bila pipa tersumbat dan Anda harus bayar mahal ke tukang ledeng.

Jadi, jangan buang sisa makanan berikut, seperti dikutip Times, Selasa (31/1/2017):

1. Minyak dan mayones

Minyak, termasuk mayones dan salad dressing seringkali dibuang ke wastafel. Padahal, zat ini akan menyumbat pipa dan bila bercampur dengan sampah lainnya akan menciptakan lumpur.

2. Mentega dan margarin

Terutama ketika cair, mentega dan margarin dapat membeku sehingga menghambat saluran air.

3. Lemak lainnya

Lemak sisa masakan dapat membeku dan membentuk lemak trans. Hal ini akan memblokir saluran air dan memungkinkan sampah lain melekat ke bagian dalam pipa.

4. Cangkang telur

Cangkang telur juga sering ditemukan menyumbat pipa air.

5. Ampas kopi

Ampas kopi tidak benar-benar larut dalam air. Ketika zat ini bercampur dengan minyak atau lemak, maka akan melapisi pipa dan menghambat saluran air.

6. Pasta

Makanan berbahan dasar tepung dapat mengotori pipa.

7. Nasi

Butiran nasi, walaupun sedikit dapat terbuang ke saluran pembuangan, tetapi semakin banyak Anda membiarkannya, maka pipa akan tersumbat.

8.  Tepung

Tepung + air = dasarnya lem. Oke, tepung memang mudah luruh dengan air, tapi ingat, ada plastik dan stiker perekat dalam pipa yang bisa menyumbat saluran air.

9. Obat

Meskipun tidak ada bahaya nyata, namun obat-obatan yang masuk ke dalam air tidak baik untuk manusia atau hewan. Ada cara khusus untuk membuang obat yang tidak terpakai dengan baik dan aman. Dan lebih aman, buang obat ke tempat sampah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.