Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Tidak Benar Jika Telur Giok Dapat Perkuat Vagina

Keyakinan menggunakan telur giok untuk perkuat vagina ternyata berisiko berbahaya untuk kesehatan.

Liputan6.com, Ohio, Amerika Serikat Apakah Anda pernah mempraktikkan memasukkan telur giok (jade egg) ke dalam vagina? Jika belum pernah, Anda bisa memahami secara mendalam. Telur giok merupakan alat bantu berbentuk telur yang terbuat dari batu giok.

Dari keyakinan yang dipercayai, memasukkan telur giok atau nama lainnya yoni telur, ke dalam vagina tidak hanya untuk alasan spiritual tapi membantu untuk memperkuat otot dasar panggul.

Menurut asal usul sejarahnya, telur giok digunakan sebagai rahasia kunci dari Tiongkok sejak zaman kuno. Para ratu dan selir menggunakan telur giok agar tetap bugar.

Shiva Rose, seorang blogger holistik menjelaskan manfaat telur giok terhadap kesehatan wanita. Di antaranya membantu menumbuhkan energi seksual, meningkatkan orgasme, menyeimbangkan siklus menstruasi, mencegah prolaps rahim (turunnya rahim ke vagina), dan meningkatkan energi feminin.

Namun yang menarik, telur ini diklaim berpotensi memiliki efek yang mirip dengan latihan kegel.

"Bobot vagina sudah diatur dan digunakan untuk memperkuat otot-otot di vagina setelah melahirkan," kata Michael Cackovic, dokter kandungan di Ohio State University Wexner Medical Center, Ameirka Serikat, dikutip dari Shape, Selasa (31/1/2017).

Ia juga menambahkan telur giok akan membantu saat melakukan kegel yang memiliki titik fokus. Artinya, Anda memiliki sesuatu untuk "mendorong" saat melakukan latihan kegel. Sayangnya, tidak ada bukti, penelitian, atau persetujuan Food and Drug Administration (FDA) untuk menggunakan telur giok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Risiko berbahaya

Risiko berbahaya

Tak hanya keyakinan soal telur giok yang punya manfaat. Ternyata di balik penggunaan terlur giok menyimpan risiko lain yang harus diperhatikan.

"Benda asing dalam vagina dapat mengganggu pH dan berpotensi menyebabkan vaginitis atau infeksi lainnya. Jade (giok) mengandung zat berpori, yang dapat membawa bakteri masuk ke dalam diri Anda," jelas Angela Jones, ahli obstetrik dan ginekologi.

Telur giok yang digunakan tatkala wanita tengah hamil atau menstruasi berpotensi meningkatkan risiko infeksi.

Jika Anda juga menggunakan alat kontrasepsi atau cincin vagina berpotensi meningkatkan risiko kedua alat itu terlepas keluar. Kondisi ini menjadi kecelakaan saat melepas telur.

Dari sisi manfaat secara kesehatan, Michael dan Angela mengatakan, hal itu tidak mungkin.

"Klaim telur giok dapat menyembuhkan ketidakseimbangan hormonal secara fisiologis dan biologis sungguh tidak masuk akal. Tidak ada cara yang dapat mencegah prolaps rahim, . Saya sungguh tidak mampu berpikir, ada orang yang harus membuang uang mereka demi mendapatkan telur giok dan mencobanya," kata Angela .

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini