Sukses

Ibu Hamil dan Menyusui Boleh Makan Ikan, Porsinya Sebanyak Ini

Masih banyak ibu di dunia yang tidak mengetahui berapa banyak boleh mengonsumsi ikan selama masa kehamilan dan menyusui.

Liputan6.com, Jakarta Berapa banyak ikan yang boleh dimakan ibu hamil dan ibu menyusui?

Masih banyak ibu yang tidak mengetahui berapa banyak boleh mengonsumsi ikan selama masa kehamilan dan menyusui. Sebab, asupan ikan berlebih juga dapat mengancam kesehatan anak di dalam janin hingga lahir nanti.

Mengutip Woman's Day, Selasa (31/1/2017) Food and Drug Administration and the Environmental Protection, merilis pengosumsian ikan berlebih dapat menyebabkan penyebaran merkuri pada otak anak.

"Ikan merupakan sumber protein dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan anak dan ibu saat hamil juga menyusui," kata FDA Deputy Commissioner for Foods and Veterinary Medicine Stephen Ostroff, M.D.

Ibu dapat mengonsumsi ikan dengan aman dengan cara berikut ini :

- Wanita usia subur sekitar 16 hingga 49 direkomendasikan mengonsumsi dua sampai tiga porsi ikan per minggu. Namun, pilihlah ikan yang segar dan jenis ikan yang disarankan oleh dokter.

- Sajikan satu sampai dua porsi ikan dalam seminggu untuk anak mulai dari usia dua.

- Ukuran porsi ikan menggunakan telapak tangan Anda. Untuk orang dewasa, kira-kira sebanyak empat ons. Sedangkan untuk anak-anak usia empat sampai tujuh, cukup memberinya dua ons.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini