Sukses

Sering Alami Gusi Berdarah Saat Hamil, Normalkah?

Jika gusi berdarah pada ibu hamil ini terjadi dan dibiarkan saja nanti tulang di gigi akan hilang atau bone loss.

Liputan6.com, Jakarta Saat hamil, seringkali calon ibu mengalami keluhan pada gigi dan mulut. Salah satunya gusi berdarah. Mengapa bisa begini?

Menurut dokter gigi RSU Bunda Jakarta, Mira Madjid, hal ini terjadi karena faktor ibu hamil yang kurang dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut ditambah dengan perubahan hormon saat hamil.

"Pada saat hamil terjadi peningkatan hormon estrogen dan progesteron. Hal ini membuat reaksi jaringan gusi terhadap plak berlebihan sehingga bisa memicu radang gusi yang ditandai dengan gusi berdarah," kata Mira saat peluncuran Amara Skin & Aesthetic Center RSU Bunda Jakarta pada Senin (30/1/2017).

Jika gusi berdarah ini terjadi dan dibiarkan saja nanti tulang di gigi akan hilang atau bone loss. Ketika dasar gigi untuk berdiri hilang, membuat gigi lama-kelamaan akan goyang seperti dipaparkan dokter gigi yang mengambil subspesialis periodonsi (ahli jaringan penyangga gigi) ini.

Oleh karena itu, Mira mengingatkan pada ibu hamil untuk menjaga kebersihan gigi dengan tepat. Tak ketinggalan menjaga asupan nutrisi yang baik bagi gigi dan mulut agar tak mudah mengalami gusi berdarah.

"Bagi kesehatan gusi, makanan yang mengandung vitamin B12 dan C itu diperlukan. Sumber makanan kaya Vitamin B12 bisa dari susu, tempe, tahu dan banyak lagi. Untuk Vitamin C bisa dari brokoli, kale, pepaya, kembang kol dan lainnya," kata Mira.

Untuk mengontrol kesehatan gigi dan mulut, Mira menyarankan bagi ibu hamil ke dokter gigi 3-4 bulan sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini