Sukses

5 Cara Unik Tapi Efektif Usir Flu yang Membandel

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang senang sakit flu? hidung penuh ingus, tenggorokan penuh lendir, saluran pernapasan terhambat disertai dengan batuk-batuk berdahak, kepala pening, suara pun menjadi lebih berat.

Itu semua merupakan beberapa efek tak menyenangkan yang dirasakan seseorang ketika terserang virus flu. Tentunya semua orang sudah memiliki cara masing-masing untuk menangani penyakit flu.

Namun, tidak ada salahnya mencoba cara efektif lain yang mungkin belum pernah dicoba sebelumnya. Berikut cara unik tapi efektif mengusir flu yang membandel, seperti dilansir dari US News, Senin (30/1/2017).

 

1 dari 3 halaman

Yoga dan berendam air hangat

Yoga

Teknik pengaturan pernapasan ini pasalnya bisa membantu seseorang mengambil serta mengeluarkan napasnya dengan baik ketika sedang sakit flu. Seringkali mereka jadi sesak lantaran hidung dipenuhi ingus dan tenggorokan dipenuhi lendir. Yoga bisa membantu mereka mengambil napas lebih dalam dan mengatur ritmenya agar oksigen yang masuk ke dalam otak maksimal. Lama-lama, napas mereka pun jadi lebih teratur dan berkurang risikonya mengalami sesak.

Berendam air hangat

Biasanya orang yang sakit flu tidak diperbolehkan mandi atau terkena air dengan cara lain karena diyakini dapat membuatnya jauh lebih sakit dari sebelumnya. Namun sebetulnya sangat dianjurkan untuk seseorang yang sedang sakit flu untuk berendam air hangat atau panas. Air bersuhu tinggi diyakini bisa membantu membuat lendir atau ingus dalam hidung serta tenggorokan menjadi cair, sehingga lebih mudah untuk orang tersebut mengeluarkannya.

2 dari 3 halaman

Jemur diri dan setop makan manis

Jemur diri di hadapan matahari

Sama halnya seperti air, cuaca atau udara bersuhu tinggi bisa membantu membuat lendir berisikan virus flu jadi lebih encer dan mudah dikeluarkan dari hidung dan tenggorokan. Sinar matahari juga diyakini dapat membunuh kuman serta virus penyebab penyakit flu membandel.

Balur tubuh dengan minyak kayu putih

Minyak kayu putih 100 persen mengandung eucalyptus. Kandungan ini dapat membantu menghangatkan badan yang umumnya menggigil saat demam sakit flu. Aromanya dapat membantu seseorang lebih mudah bernapasnya serta tenang pikirannya.

Setop makan manis total

Ini mungkin cara yang paling tidak menyenangkan untuk dilakukan saat sakit flu. Namun sangatlah penting untuk penderita sakit flu mengurangi drastis pengonsumsian makanan mengandung gula karena kandungan fruktosa di dalamnya mampu mengacaukan sistem kekebalan dalam tubuh serta memperpanjang durasi sakit.

Artikel Selanjutnya
Ingin Hewan Kesayangan Lebih Menurut, Ini Tipsnya
Artikel Selanjutnya
Tangkis Gejala Flu dengan 4 Makanan Ini