Sukses

6 Hal Ini Pantang Dilakukan di Ranjang Bila Ingin Tidur Nyenyak

Bila Anda ingin tidur nyenyak, sebaiknya hindari melakukan hal ini di atas tempat tidur.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang Anda lakukan setelah berada di atas tempat tidur? Sebagian besar Anda mungkin tidak langsung terlelap, melainkan melakukan sesuatu lainnya. Pada kenyataannya, bila Anda menghabiskan banyak waktu melakukan sesuatu di atas ranjang akan menyebabkan masalah.

Kualitas tidur Anda bisa saja terganggu. Sesuai ditulis dari laman Rodale's Organic Life, Senin (30/1/2017), berikut ini hal-hal yang patut Anda hindari saat di atas tempat tidur. Tentunya, bila Anda ingin tidur nyenyak.

1. Menonton teve

Sebagian besar mungkin akan tertidur saat menonton teve. Ini adalah sesuatu yang umum terjadi.

Menurut spesialis tidur W. Christopher Winter, layar teve yang menyala dianggap menghibur diri tapi sebenarnya hak itu merangsang otak dan menghambat keluarnya melatonin, hormon yang diperlukan agar tidur Anda sehat dan penuh nyenyak.

Lebih buruk lagi, jika program teve yang Anda tonton kental dengan adegan kekerasan, tidur Anda akan lebih gelisah. Sebaiknya, matikan teve setidaknya satu jam sebelum tidur agar otak menjadi lebih tenang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berselancar di media sosial

2. Berselancar di media sosial

Saat tidur, godaan kuat untuk memeriksa email pekerjaan, pesan teks, atau berselancar di media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, Path) kerap terjadi. Tapi godaan ini harus dihindari.

Eric Kezirian, seorang ahli soal tidur di University of Southern California, Amerika Serikat mencatat, perangkat elektronik mengeluarkan sejumlah cahaya, terutama selain ruangan yang gelap.

"Penggunaan perangkat elektronik di malam hari dapat mengganggu kesadaran tubuh saat malam dan siang hari sehingga lebih sulit bagi Anda untuk tertidur. Cahaya biru yang keluar dari perangkat elektronik memengaruhi tingkat hormon, keluarnya hormon melatonin," katanya.

Lebih lanjut, akibatnya, akan mengganggu jam tidur seseorang, yang dikenal sebagai ritme sirkadian. Sebaiknya, Anda meletakkan ponsel selama tidur. Jangan biarkan ponsel di tempat tidur.

3 dari 4 halaman

Makan camilan

3. Makan camilan

Makan makanan ringan di tempat tidur mungkin tampak seperti ide yang baik tapi ada banyak konsekuensi yang berbahaya. Paul Bello dari PJB Pest Management Consulting memperingatkan, remah-remah yang berjatuhan di ranjang dapat menarik perhatian serangga seperti semut, lalat, dan kecoa.

Selain itu, tidur tanpa menyikat gigi dapat memicu munculmya partikel sisa makanan dan bakteri di mulut tatkala Anda menutup mulut selama delapan jam saat tidur.

4. Berdebat

Tidur adalah satu-satunya kesempatan yang diperoleh bersama pasangan setelah seharian melalui hari yang sibuk. Idealnya, Anda terlibat dalam diskusi yang positif bukan obrolan yang panas dan berujung perdebatan. Hal ini bisa memicu pertengkaran.

Daripada memulai bertengkar dengan pasangan, cobalah memeluk. Berpelukan dapat  melepaskan hormon endorfin yang akan meredakan ketegangan dan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Di sisi lain, setelah Anda tidur malam yang baik kemungkinan rasa marah pada pasangan bisa hilang, seperti pasangan tidak mencuci piring lupa membayar tagihan air. Sebaliknya, Anda dapat mengenai hal itu lebih tenang dan rasional di pagi hari.

4 dari 4 halaman

Bekerja

5. Bekerja

Menurut Lauren Stack, pelatih produktivitas, banyak orang berpikir, melakukan pekerjaan di atas ranjang akan membuat seseorang lebih produktif. Namun, hal itu akan memberikan orang alasan untuk menunda-nunda pekerjaan selama hari kerja.

Bekerja dari tempat tidur dapat membuat Anda mulai mencampuri urusan tempat tidur dengan pekerjaan. Hal ini akan memburuk insomnia, menurut National Sleep Foundation.

6. Tidur dengan hewan peliharaan

Menurut National Sleep Foundation, orang-orang yang berbagi tempat tidur dengan hewan peliharaan akan mengalami gangguan tidur karena hewan peliharaan yang bergerak, membuat kegaduhan, dan mengambil space tempat tidur Anda.

Hewan peliharaan juga membuat Anda terkena alergi atau asma meskipun Anda tidak membelai-belainya. Jika hewan peliharaan Anda tidur bersuara, kemudian berbagi tempat tidur dengan anjing atau kucing mungkin tidak menjadi masalah.

Tapi jika Anda menderita insomnia pasti mempertimbangkan memberikan tempat tidur khusus untuk hewan peliharaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.