Sukses

Alasan Konyol Ini Bikin Wanita Lebih Panjang Umur dari Pria

Malas ke dokter, alasan itulah yang bikin panjang umur pria lebih pendek dibanding wanita.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah temuan dari para psikolog di Rutgers menemukan alasan konyol kenapa panjang umur wanita dan pria berbeda. Semakin jantan seorang pria merasa, semakin jarang mereka bisa bicara jujur dengan dokter.

Pria berkemungkinan lebih kecil untuk mengunjungi dokter dibanding wanita. Pria juga lebih suka memilih dokter yang juga pria, tapi kecil kemungkinannya mereka akan bicara jujur tentang simtom yang mereka miliki.

Hal ini ditemukan oleh para psikolog dari Rutgers. Para peneliti berkesimpulan, ini adalah salah satu penyebab kenapa panjang umur pria lebih singkat dari wanita.

"Pertanyaan yang ingin kami dapatkan jawabannya adalah, kenapa pria meninggal lebih dulu dibanding wanita?" ujar pemimpin penelitian, Diana Sanchez yang kemudian menambahkan, "Pria rata-rata meninggal lima tahun lebih dulu dibanding wanita, dan perbedaan psiologika tak bisa menjelaskan hal ini."

Peneliti Mary Himmelstein dan Sanchez menemukan, pria biasanya memiliki keyakinan tradisional tentang maskulinitas, bahwa pria haruslah kuat, berani, bisa menjaga diri, dan mampu mengendalikan ekspresi dan emosi mereka. Mereka juga memiliki kecenderungan untuk mengabaikan masalah kesehatan, atau setidaknya menunda pemeriksaannya.

Ironisnya, para peneliti menemukan, pria cenderung lebih jujur tentang simtom kesehatan mereka kepada dokter wanita. Sanchez berteori, mengakui suatu kerapuhan di depan wanita tidak mengurangi status kejantanan mereka.

Seperti dilansir dari Times of India, Minggu (29/01/2017), studi ini diterbitkan di dalam Preventive Medicine dan The Journal of Health Psychology.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini