Sukses

Waspada, 6 Makanan Ini Picu Peradangan

Sejumlah makanan dinilai dapat memicu inflamasi atau peradangan. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa makanan yang mungkin kita anggap sehat, nyatanya tidak. Justru dalam beberapa kondisi, seseorang bahkan tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan tertentu.

Sejumlah makanan dinilai dapat memicu inflamasi atau peradangan. Apa saja makanan tersebut? Berikut ulasannya, seperti dilansir Womenshealth, Sabtu (28/1/2017):

1. Susu

Susu dirancang oleh alam untuk menguatkan tulang dan menyehatkan tubuh. Namun Anda perlu ingat, kekuatan tulang tidak kita dapat hanya dengan mengonsumsi susu dan produk susu lainnya tetapi dari makanan nabati.

Bahkan, susu yang terlalu banyak diolah tidak membuatnya lebih sehat, hanya memicu inflamasi. Bahkan pada beberapa orang, susu dapat menimbulkan reaksi alergi parah.

2. Gula

Industri gula selalu menyatakan kalau gula alami itu berasal dari tebu. Tapi nyatanya, tidak semua sel dalam tebu itu alami karena yang telah dieliminasi selama proses penyulingan. Molasses (tetes tebu), bagaimanapun, mempertahankan beberapa mineral-seperti besi. Sayangnya, industri kerap menambahkan pemanis buatan yang diduga menyebabkan banyak penyakit, serta berat badan.

3. Biji-bijian olahan

Ini harus dihindari sama sekali. Batasi asupan pasta setidaknya seminggu sekali dan menghindari biji-bijian olahan roti putih, sereal, dan pizza.

4. Daging Hewan

Satu sisi sumber makanan hewani sangat penting untuk memperbaiki gizi. Namun hati-hati untuk tidak mengonsumsinya berlebihan karena hewan ternak saat ini identik hidup dengan antibiotik, hormon, dan obat-obatan lainnya. Ketika kita makan dagingnya, kita menjadi sakit juga. Khususnya daging olahan, waspada bahan pengawet, pewarna, dan perasa buatan.

5. Buah tropis

Buah tropis memang terkenal lezat. Namun karena memiliki kandungan fruktosa tinggi, buah-buahan seperti pisang, jeruk, mangga, pepaya, dan nanas harus dibatasi seminggu sekali untuk penderita diabetes.

6. Lemak jahat

Lemak jahat biasanya terdapat pada semua minyak yang telah dipanaskan atau bekas menggoreng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini