Sukses

5 Cara Mudah Ringankan Keram Perut Saat Haid Tanpa Obat

Sebenarnya ada beberapa cara sehat yang dapat meringankan keram perut saat haid tanpa perlu meminum pil.

Liputan6.com, Jakarta Bagi kebanyakan wanita, keram perut saat haid bukanlah hal sepele. Sebab, nyeri yang muncul seringkali dapat menyebabkan kita sulit berkonsentrasi dan terkadang juga bisa membuat kita absen dari tempat kerja ataupun sekolah. 

Walaupun hal ini memang hal yang tidak bisa dihindari oleh semua wanita, sebenarnya ada beberapa cara sehat yang dapat meringankan keram perut saat haid tanpa perlu meminum pil, seperti dilansir dari Sheknows, Jumat (27/1/2017):

1. Makan dengan benar

Mengonsumsi makanan yang benar saat haid dapat membantu meringankan keram perut. Mayo Clinic melaporkan bahwa sejumlah studi telah menunjukkan bahwa vitamin E (ditemukan dalam biji bunga matahari, almond, dan bayam), asam lemak omega-3 (terdapat dalam ikan salmon), vitamin B1 (terdapat dalam kacang hijau, asparagus, dan kecambah brussel), vitamin B6, dan suplemen magnesium, dapat membantu mengurangi keram perut secara signifikan.

Namun perlu diingat, jangan baru memulainya saat Anda sudah masuk masa haid, tetapi mulailah saat Anda
tahu bahwa periode haid akan segera dimulai. Sehinga nyeri akibat keram perut bisa lebih diminimalisasi.

2. Bantal pemanas

Menurut Mayo Clinic, ternyata meletakkan sesuatu yang panas atau hangat pada perut saat keram bisa sama efektifnya seperti meminum obat penghilang rasa sakit. Anda bisa menggunakan botol berisi air yang sedikit panas untuk meringankan keram perut saat haid. Namun, jika Anda ingin agar pemanas tersebut bisa terus tertempel di kulit Anda saat beraktivitas, Anda bisa menggunakan bantal pemanas khusus yang memiliki tali pengikat, sehingga bisa digunakan di balik baju Anda. 

Namun agar rasa sakit cepat menghilang, coba berbaring telentang di lantai kemudian rapatkan bokong Anda ke tembok, lalu luruskan kedua kaki Anda di tembok tersebut sambil tetap menempelkan botol atau bantal pemanas pada perut Anda.

3. Hindari kafein

Kafein yang biasanya terdapat dalam kopi dapat membuat keram perut jadi lebih terasa menyakitkan jika Anda meminumnya saat haid. Bahkan bukan hanya itu, kafein juga bisa meningkatkan kecemasan dan ketegangan pada otot Anda. Padahal, kedua hal tersebut memang tingkatnya sudah lebih tinggi saat Anda sedang berada dalam masa haid.

4. Bergerak

Hal ini mungkin jarang terpikirkan oleh Anda ketika keram perut sedang menyerang, tetapi sebenarnya berolahraga atau
setidaknya bergerak dapat melepaskan endorfin dalam tubuh, sehingga bisa membantu meringankan nyeri dan membuat otot Anda rileks. Bahkan menggerakkan tubuh bisa disebut sebagai obat penghilang rasa sakit yang alami.

Untuk melepaskan endorfin saat haid, Anda bisa melakukan olahraga jalan cepat, bersepeda, maupun melakukan yoga ringan.

5. Mencoba minyak esensial

Minyak esensial tidak hanya harum, tapi mereka juga bisa menjadi obat penghilang rasa sakit yang hebat.

Sebuah studi triple-blind yang diterbitkan dalam Caspian Journal of Internal Medicine menemukan bahwa menelan minyak thyme lebih baik daripada ibuprofen dalam mengurangi keram perut. Para peneliti menjelaskan, thyme sangat efektif karena efek analgesik dan antispasmodiknya.

Namun selain ditelan, menurut pelatih kesehatan holistik, Lauren Birgitta, minyak esensial juga bisa dioleskan ke
kulit untuk membantu meringankan kram. Ia menyarankan untuk mengaplikasikan sesendok minyak kelapa di perut atau di punggung bagian bawah Anda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.