Sukses

Siapa yang Perlu Dapatkan Vaksin Flu?

WHO memaparkan vaksin flu terutama penting bagi bagi kelompok berisiko.

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi makanan seimbang dan rutin berolahraga merupakan salah cara meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bisa menurunkan risiko terhindar dari flu. Selain itu, cara terbaik terhindar dari flu dengan mendapatkan vaksin flu setiap tahunnya.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) kapan saja melakukan vaksin flu tetap bisa mencegah terinfeksi flu. Namun memang disarankan sebelum musim flu datang.

WHO memaparkan vaksin flu penting dilakukan bagi kelompok berisiko yakni ibu hamil, anak usia di bawah lima tahun, dan orang di atas 65 tahun. Selain itu orang dengan kondisi kronis seperti HIV/AIDS, asma, diabetes, dan penyakit pernapasan juga perlu mendapat vaksin flu seperti mengutip rilis dari WHO pada Sabtu (28/1/2017).

Pada ibu hamil, penyuntikan vaksin flu manfaatnya juga didapatkan oleh bayi. Penyuntikan vaksin flu pada ibu hamil memiliki manfaat bagi kekebalan tubuh bayi baru lahir. Menurut penelitian di Bangladesh, suntikan vaksin flu pada ibu hamil membuat bayi yang lahir memiliki imun yang lebih baik. Selain itu mencegah risiko kelahiran prematur dibandingkan mereka yang tidak divaksin, seperti disampaikan Guru Besar Tetap Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Samsuridjal Dzauji beberapa saat lalu. (Foto: Ini Sebabnya Wanita Perlu Vaksin Flu Saat Hamil)

Pemberian vaksin flu saat hamil, kata dia, bisa diberikan pada trimester kedua atau ketiga kehamilan. Meski akan ada efek samping, namun saat akan vaksin, usahakan datang ke klinik dalam kondisi yang sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini