Sukses

5 Trik Tetap Sehat dan Bugar Saat Perayaan Imlek 2017

Liputan6.com, Jakarta Meski Imlek identik dengan makanan tinggi lemak, gula dan alkohol, namun penting untuk menjaga kesehatan diri sendiri.

Perhatikan beberapa aturan sederhana berikut agar Anda tetap sehat jelang Tahun Baru Imlek 2017, seperti dilansir Star2, Jumat (27/1/2017):

1. Jaga pencernaan Anda

Sehari setelah keluarga besar dan teman-teman berkumpul, sering muncul sakit kepala dan sakit perut. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sediakan acetaminophen dan vitamin-C. Setidaknya minum beberapa tetes lemon yang dicampur dengan air hangat di pagi hari (saat perut kosong) untuk meringankan migrain dan membantu mendetoks tubuh dengan mengeluarkan racun dan membakar lemak.

Minum banyak air dengan kadar mineral dan bikarbonat juga dapat menghindari mabuk dan melawan efek dehidrasi alkohol. Teh hijau, thyme, artichoke, adas, lobak hitam dan mint membantu membersihkan hati. Sedangkan jahe, jintan dan kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk menghindari konsumsi berlebihan lemak dan gula.

2. Perbanyak konsumsi sayuran hijau

Jelang Imlek, perbanyak makan sayuran hijau untuk serat, unggas dan ikan untuk protein tanpa lemak dan minum banyak kaldu. Pada saat yang sama, hindari kopi, gula, alkohol, dan lemak ya. 

 

1 dari 2 halaman

Tetap aktif

3. Tetap aktif

Latihan mempromosikan pelepasan endorfin, menstimulasi sistem kardiovaskular dan membakar kalori. Berjalan atau bersepeda bisa jadi awal yang baik. Jika Anda sedang berlibur, lakukan beberapa olahraga favorit Anda.

4. Tidur siang

Tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk mencerna makanan pada malam hari. Jadi mengambil istirahat pada siang hari mungkin akan membantu. Sediakan waktu 20-30 menit untuk istirahat siang.

5. Kelola stres

Mengelola stres akan membantu mencegah penyakit. Anda juga bisa melakukan latihan berikut untuk memulihkan energi:

- Tarik napas melalui hidung Anda dan keluarkan napas melalui mulut sambil mendorong keluar perut Anda.

- Hembuskan napas hingga perut rileks. Ulangi empat kali. Istirahat.

- Tarik napas dalam-dalam sambil mendorong keluar perut sampai hitungan tiga.

- Tarik napas melalui mulut Anda sampai hitungan keenam. Saat mengeluarkan napas, konsentrasi pada gerakan perut Anda, yang akan sejajar dengan tulang belakang. Ulangi empat kali. 

Artikel Selanjutnya
Mau Tetap Prima Saat Libur Panjang, Terapkan 5 Tips Ini
Artikel Selanjutnya
Lakukan Ini Agar Tampil Menawan di Hari Pernikahan