Sukses

Jangan Dibuang, Kulit Jeruk Punya Khasiat Sehat

Selain bagus untuk kesehatan kulit, kulit jeruk juga memiliki beragam khasiat dan manfaat sehat untuk tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu buah yang banyak Anda dapati saat perayaan Imlek adalah jeruk. Buah berwarna kuning oranye ini menjadi simbol kekayaan dan pembawa keberuntungan.

Sesungguhnya tak hanya buahnya, kulit jeruk pun memiliki sederet khasiat sehat yang sangat menguntungkan. Hanya saja sayangnya, banyak individu yang belum mengetahui hebatnya si kulit jeruk bagi kesehatan manusia.

Mengutip laman The Health Site, Sabtu (28/1/2017) berikut sederet khasiat sehat dari kulit jeruk yang wajib Anda ketahui.

1. Menurunkan berat badan

Meski kulit jeruk terasa pahit, tapi ia memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan akibat jumlah serat yang baik dan rendah kalori. Anda bisa memotong kulit jeruk dalam bentuk yang tipis dan kecil dan campurkan sedikit di atas menu diet harian.

2. Cegah komplikasi pencernaan

Kulit jeruk yang juga merupakan sumber kaya polisakarida, mampu mencegah terjadinya sembelit atau masalah pencernaan lainnya. Senyawa ini juga berperan aktif dalam mengurangi keasaman lambung, mencegah muntah, dan mulas.

3. Baik untuk kesehatan mulut

Mengunyah kulit jeruk dapat menyingkirkan bau mulut, memutihkan gigi, hingga mencegah kerapuhan gigi.

4. Mencegah kanker

Beberapa studi menunjukkan konsumsi kulit jeruk dalam diet menurunkan kemungkinan risiko kanker kulit, payudara, hingga kanker usus besar.

5. Baik untuk jantung

Kandungan nobiletin atau senyawa jenis flavon polymethoxylated (PMFs) yang dimiliki kulit jeruk memberikan efek positif untuk jantung. Senyawa ini menurunkan risiko penyakit jantung dan peradangan juga menurunkan kolesterol dalam tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini