Sukses

Makan Ramen Membuat Berat Badan Berkurang Drastis?

Ramen mungkin bisa menurunkan berat badan bila Anda merencanakan program diet.

Liputan6.com, Amerika Serikat Mi ramen termasuk mi kering yang berasal dari Asia, yang dapat dimasukkan ke dalam sup dengan menambahkan air panas. Dilihat dari segi kesehatan, mi ramen mungkin bisa menurunkan berat badan jika Anda merencanakan program diet.

Memasaknya pun tidak sulit, Anda bisa memakannya hampir tiap saat. Diet makanan yang baik, yaitu makanan harus rendah kalori dan bergizi. Ramen mungkin tidak memenuhi semua kriteria tersebut.

Namun, mi ramen dapat menjadi bagian dari program diet penurunan berat badan yang sehat bila Anda memasaknya dengan hati-hati.

Tidak membuat perut sangat kenyang

Diet makanan yang baik mengandung tinggi serat atau protein, yang mengurangi rasa lapar sehingga lebih mudah untuk membatasi jumlah asupan kalori.

Melansir laman Livestrong, Jumat (27/1/2017), ramen termasuk makanan yang tidak tinggi nutrisi dan porsi protein hanya 4,5 gram atau 9 persen dari nilai harian, dan serat sebanyak 1 gram atau 4 persen dari nilai harian serat.

Untuk membuat sup ramen atau camilan yang lebih mengenyangkan, makanlah ramen dengan beberapa protein tanpa lemak, seperti ayam atau udang.

Sebagai rekomendasi, sup ramen bisa menjadi makanan diet yang baik bila Anda membuatnya dengan hati-hati.

Sup ramen yang rendah kalori dapat menurunkan berat badan, menurut laporan Dietary Guidelines dari Department of Health and Human Services Amerika Serikat pada tahun 2010.

Anda bisa siapkan ramen dengan air tambahan sehingga memiliki kepadatan kalori yang lebih rendah, yang berarti ramen akan memiliki kalori lebih sedikit tatkala Anda menggunakan tambahan lebih sedikit air.

Tambahkan sayuran tinggi serat, seperti brokoli atau wortel untuk membuat ramen Anda lebih berisi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kalori dan karbohidrat

Kalori dan karbohidrat

Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu membuat defisit kalori, yang artinya membakar lebih banyak kalori dibanding makanan yang Anda konsumsi.

Ramen bisa hal tersebut sulit karena tinggi kalori sebanyak 187 kalori per setengah paket porsi atau hampir 400 kalori bila Anda makan ramen seluruh paket. Ramen memberikan tubuh 27 gram karbohidrat.

Kandungan tersebut masuk kategori makanan tinggi glisemik karena rendah serat dan karbohidrat olahan.

Makanan tinggi glisemik dapat menghambat penurunan berat badan yang menyebabkan Anda lapar kembali setelah memakannya, menurut laporan Linus Pauling Institute Micronutrient Information Center.

3 dari 3 halaman

Kekhawatiran soal kesehatan

Kekhawatiran soal kesehatan

Diet makanan yang baik berupa tinggi nutrisi dinilai penting sehingga Anda dapat memenuhi kebutuhan gizi tanpa melampaui batas kalori.

Tapi mi ramen tidak mengandung tinggi kalsium, zat besi, folat, potassium, sebagian besar vitamin B atau vitamin C, E atau A.

Jika Anda memakan seluruh paket ramen dengan bumbu penyedap ramen, Anda dapat memeroleh 1000 mg natrium atau lebih dari angka itu. Di sisi lain, diet tinggi natrium dapat meningkatkan tekanan darah.

Pada akhirnya, mi ramen mungkin mengandung akrilamida, senyawa karsinogenik yang biasa terdapat pada makanan yang dipanggang, dari data Food and Drug Administration Amerika Serikat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini