Sukses

Alasan Perut Pria dan Paha Wanita Jadi Tempat Pelarian Lemak

Kenapa lemak lebih sering lari ke perut untuk pria dan paha untuk wanita?

Liputan6.com, Jakarta Bertambahnya berat badan akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan lemak biasanya ditandai dengan adanya perubahan ukuran pada tubuh.

Namun perubahan ukuran tubuh akibat timbunan lemak dalam tubuh pria dan wanita berbeda. Pada pria, lemak paling sering mengincar bagian perut sehingga membuatnya buncit.

Sementara untuk wanita, lemak biasanya mengincar bagian paha dan lambat laun membuat bentuk tubuhnya berubah menyerupai buah pir.

Mengapa sasaran tempat lemak mengendap berbeda untuk pria dan wanita? Melansir Daily Mail, Jumat (27/1/2017), seorang pakar bergelar doktor di University of California, Los Angeles, AS, Zhaoping Li punya alasan ilmiah mengenai hal tersebut.

"Itu semua adalah instruksi dari otak masing-masing. Tubuh mereka telah diprogram secara alami oleh otak untuk mengirimkan lemak langsung ke tempat yang ditujukan: perut untuk pria dan paha untuk wanita," jelasnya.

Ia lanjut menjelaskan, "estrogen dalam tubuh wanita mengarahkan lemak ke wilayah paha supaya mereka punya energi lebih saat hamil nanti."

Zhaoping Li berpendapat, bagian tubuh yang dijadikan tempat penyimpanan lemak sudah secara alami terpilih oleh otak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini