Sukses

Saat Cemas Melanda, Ucapkan Mantra Berikut

Mengucap satu kalimat mantra tertentu bisa membantu mengurangi rasa cemas yang hadir.

Liputan6.com, Jakarta Jelang presentasi di hadapan pimpinan atau bertemu dengan calon mertua, rasa cemas kerap melanda. Ada banyak kekhawatiran yang memicu rasa percaya diri menguap entah kemana. Namun rupanya mengucap satu kalimat mantra tertentu bisa membantu mengurangi rasa cemas yang hadir. Bagaimana bisa?

Menurut psikolog Sherianna Boyle kalimat mantra tertentu bisa membantu seesorang memiliki kekuatan untuk berpikir positif. Boyle manganalogikan dengan telepon yang berdering kemudian secara reflek membuat pemiliknya menanggapi panggilan tersebut. Hal serupa bisa terjadi ketika secara berulang mengucapkan mantra tertentu bisa memengaruhi alam bawah sadar jadi lebih positif.

"Dengan mengucapkan mantra bisa mengurangi pikiran negatif, lalu membuka pikiran positif," mengutip Time, Jumat (27/1/2017).

Dampak mengucapkan mantra positif bisa untuk mengendalikan kecemasan, lebih bahagia, atau untuk mendongkrak rasa percaya diri. Berikut lima mantra yang penting untuk diucapkan.

1. Agar lebih tenang

"Tarik napas dan  dan akan akan tenang"

Kalimat mantra di atas membantu Anda juga menarik napas dalam. Ulangi kalimat tersebut berulang-ulang, paling tidak lima kali dan ketenangan pikiran akan didapatkan.

2. Menghadapi kecemasan

"Pasti nanti lebih baik dari yang aku pikirkan"

Pernah tidak mengalami kita sudah cemas dan deg-degan menghadapi sesuatu tapi saat berhadapan dengan hal itu ternyata tidak semengerikan yang dibayangkan. Nah, saat cemas melanda ucapkan kalimat ini berulang kali.

Menurut penulis buku Molecules of Emotion, Candace Pert, mengucap mantra ini secara berulang membuat pikiran jadi lebih terbuka, sehingga ada perbedaan dalam melihat dunia.

3. Capai kesukesan

"Aku percaya diri dan punya pengetahuan kini saatnya beraksi"

Untuk memiliki kehidupan yang sukses perlu dengan melakukan beragam hal. Pertama, buat rencana. Pikirkan hal apa yang perlu dilakukan untuk mencapai hal tersebut. Lalu, tuliskan langkah tersebut di atas kertas.

Kedua, tumbuhkan energi untuk melakukan rencanan tersebut. Dan mantra ini merupakan salah satunya untuk menumbuhkan energi kesuksesan dalam kehidupan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih bahagia

4. Bahagia

"Hal-hal yang aku prioritaskan dalam hidup adalah sesuatu yang membuatku bahagia, kreatif, dan terhubung dengan orang lain"

Pada saat Anda kehilangan arah, memiliki perasaan yang biasa saja, bingung menentukan arah, hingga tidak tahu agar lebih bahagia. Jika begitu kondisinya, ucapkan kalimat di atas berulang kali secara perlahan.

Hal ini membuat Anda tidak memberi fokus pada hal yang tidak hadir dalam hidup, tapi malah sadar berkat yang sudah hadir di sekitar.

5. Raih percaya diri

"Aku berkembang dan berubah untuk jadi sosok yang lebih baik"

Mantra ini akan memberikan energi bagi pikiran, tubuh dan jiwa. Sehingga secara perlahan percaya diri akan muncul. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini