Sukses

8 Makanan Sehat Penguat Kekebalan Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Tubuh Anda perlu memiliki sistem kekebalan yang kuat agar terlindung dari penyakit. Terlepas dari berolahraga dengan benar, mendapatkan kualitas tidur yang baik dan tetap positif sepanjang waktu, kita harus fokus pada makanan yang kita makan untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita.

Berikut adalah makanan yang mampu meningkatkan sistem imun Anda seperti dikutip dalam situs Boldsky, Kamis (26/1/2017).

1. Probiotik
Makanan peningkat kekebalan tubuh yang pertama adalah probiotik. Penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi harian probiotik sesuai anjuran seperti yoghurt akan membantu menjaga kesehatan dan tubuh akan memproduksi antibodi.

2. Elderberry
Kandungan antioksidan yang tinggi pada sirup Elderberry akan menurunkan peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sirup Elderberry mampu mengobati flu, sinusitis dan pilek selama berabad-abad.

3. Jamur
Penelitian telah membuktikan bahwa jamur mampu meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Kandungan senyawa polisakarida mampu melindungi Anda terhadap penyakit. 

 

1 dari 2 halaman

Vitamin D

4. Vitamin D
Vitamin D terbukti mampu menghasilkan antibodi tertentu yang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan membantu mencegah flu dan melawan hawa dingin.

5. Acai Berries
Kandungan anthocyanin yang merupakan antioksidan alami akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

6. Ginseng
Ginseng adalah ramuan terkenal yang telah digunakan sebagai penambah stamina dalam pengobatan tradisional China selama berabad-abad. Ginseng banyak digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memberikan tambahan energi.

7. Teh Hijau
Menumbuhkan kebiasaan minum teh hijau secara teratur dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Teh hijau mengandung senyawa antioksidan kuat yaitu epigallocatechin gallate, polifenol yang akan memerangi radikal bebas di dalam tubuh.

Untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, minum setidaknya tiga cangkir teh hijau setiap hari.

8. Bawang putih
Bawang putih adalah antimikroba alami yang membantu Anda untuk melawan infeksi bakteri, parasit, jamur dan virus. Bawang putih mengandung antioksidan kuat yang membantu melindungi sel-sel terhadap kerusakan radikal bebas.