Sukses

3 Manfaat Multilingual Untuk Anak yang Jarang Diketahui

Selain untuk meningkatkan kecerdasan, ternyata ada manfaat lain untuk anak yang memiliki kemampuan multilingual.

Liputan6.com, Jakarta Selain untuk meningkatkan kecerdasan, ternyata ada manfaat lain untuk anak yang memiliki kemampuan multilingual. Hal ini bahkan dibuktikan lewat berbagai penelitian yang telah dilakukan terkait penggunaan lebih dari satu bahasa terhadap anak-anak. Meskipun awalnya banyak yang mengatakan bahwa penggunaan berbagai bahasa akan membingungkan bagi anak, mitos tersebut terbantahkan dalam Konferensi Neurosains di Amerika.

Pada kenyataannya, semakin dini anak terekspos dan terbiasa menggunakan lebih dari satu bahasa justru semakin baik. Karena, semakin dini mereka menguasai bahasa asing, mereka lebih dapat mengembangkan kemampuan untuk berpikir kritis, memiliki rasa penasaran tinggi, serta fokus dan memori yang lebih lama dari anak lain. Hal ini bermakna mereka berpotensi lebih cerdas dan berprestasi.

Bukan cuma itu, ternyata anak multilingual juga akan mendapatkan 3 manfaat lain, lho! Berikut ulasannya.

1. Kemampuan berkomunikasi

Penelitian yang dilakukan oleh Boaz Keysar, seorang profesor psikolog dan ahli komunikasi di Universitas Chicago menemukan bahwa anak bahkan balita yang biasa terekspos lebih dari satu bahasa memiliki kemampuan memahami persepsi orang lain lebih baik dari anak yang hanya menguasai satu bahasa. Memahami persepsi orang lain atau lawan bicara merupakan modal dasar dalam berkomunikasi efektif.

2. Kemampuan beradaptasi

Anak-anak dengan kemampuan multilingual cenderung lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru atau asing dan memiliki rasa penasaran yang tinggi terhadap perbedaan kultur dan budaya. Hal ini membuat mereka lebih mudah bergaul dan membangun hubungan dengan orang-orang yang berbeda.

3. Kesempatan untuk sukses di masa depan

Kemampuan multilingual juga akan memberikan perolehan karir dan gaji yang lebih baik ketimbang anak yang tidak dibiasakan berbahasa asing sejak kecil. Survey dari EF English Proficiency Index menyimpulkan hal serupa, dimana sebuah bangsa dengan kemampuan multilingual terbukti lebih unggul dalam hal ekonomi, pendapatan rata-rata dan inovasi dari penduduknya.

Agar anak bisa menguasai lebih dari satu bahasa, orang tua tentunya harus memberikan dukungan secara penuh. Anda bisa memulai dengan bahasa asing yang paling dasar untuk bisa dikuasai, yaitu bahasa Inggris. Anak harus dibiasakan terekspos baik melalui pelafalan maupun pendengaran mereka.

Anda bisa memberikan dukungan penuh kepada anak dengan memasukkannya ke tempat kursus bahasa Inggris yang profesional dan berkualitas , yakni EF English First yang menyediakan kursus bahasa Inggris yang profesional dan berkualitas.

Kini, EF English First juga memiliki penawaran yang sangat menarik. Pada periode 27 Januari – 13 Februari 2017, Anda bisa mendapatkan harga khusus bagi seluruh siswa baru di seluruh cabang EF di Indonesia.

Melatih kemampuan multilingual pada anak? Percayakan pada EF English First!

(Adv)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.