Sukses

Begini Cara Kurangi Konsumsi Junk Food

Junk food memang tinggi garam, gula, dan lemak, tapi banyak sekali yang menyukainya. Untuk menghentikan kebiasaan makan junk food pun sulit.

Liputan6.com, Jakarta Tidak peduli junk food itu tinggi garam, gula, dan lemak, semua orang pasti menyukainya. Tidak sedikit pula orang yang sulit menahan godaan untuk tidak menyantap junk food meski tahu dampaknya. Sekarang sejumlah peneliti sudah menemukan cara efektif mengurangi konsumsi makanan kurang sehat ini.

Caranya dengan menyiapkan sendiri makanan tersebut dibanding menerima dari orang lain. Berdasarkan studi yang dipublikasikan Journal of Marketing Research, dengan melayani dan memilih junk food yang akan dikonsumsi, kita akan mengambil sedikit. Beda halnya bila makanan tersebut diambilkan orang lain.

Fakta menarik ini diketahui lewat studi eksperimen. Peneliti meminta partisiapan melakukan lima eksperimen berbeda di sebuah ruangan dengan aneka makanan junk food, salah satunya permen selai kacang yang tinggi gula dan lemak.

Hasilnya, tidak ada satu pun partisipan yang memiliki mangkok besar. Lalu, sebagian besar hanya mengisi sepertiga mangkuk dengan permen selain kacang tersebut.

"Kami menemukan ketika partisipan diberikan pilihan makanan tidak sehat, mereka memiliki kecenderungan mengonsumsinya dengan dalam porsi kecil," kata penulis studi Linda Hagen dikutip dari situs Cosmopolitan, Selasa (24-1-2017).

Menurut peneliti, keterlibatan partisipan saat mengambil makanan yang kurang sehat membuat mereka cenderung memilih sedikit. Ada rasa bersalah jika mengambil dalam porsi besar. Hal semacam itu juga berlaku untuk junk food.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini