Sukses

Obat Perangsang Seks Ini Diharapkan Bisa Picu Kehamilan

Sebuah obat dengan kandungan kisspeptin diklaim bisa memicu gairah seks yang bisa berujung pada kehamilan yang lebih mudah.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah obat yang memiliki kandungan bahan kimia alami hormon, disebut kisspeptin, diklaim bisa meningkatkan gairah seks. Kisspeptin adalah hormon alami yang dilepaskan tubuh untuk merangsang hormon-hormon lain yang berhubungan dengan reproduksi.

Obat ini diteliti berdasarkan studi yang melibatkan 29 laki-laki muda heteroseksual sehat. Setelah disuntikkan obat ini, terjadi peningkatan respon otak terhadap gambar-gambar yang menunjukkan pasangan romantis dan seksual. Para ahli percaya, obat ini bisa membantu masalah psikologis seksual setiap pasangan.

"Kisspeptin mampu meningkatkan respons otak yang terkait dengan seks dan cinta," tulis para ilmuwan, seperti dikutip Mirror, Selasa (24/1/2017).

Peneliti utama Prof Waljit Dhillo, dari Imperial College London, mengatakan, kisspeptin berperan dalam merangsang beberapa emosi dan tanggapan yang mengarah ke seks dan reproduksi.

Menurut Prof Dhillo, studi tentang ketidaksuburan selama ini lebih banyak berfokus pada faktor biologis, dan apa yang menyebabkan kehamilan susah terjadi. Walaupun faktor biologis tentu penting, namun menurutnya faktor psikologis juga tak boleh diabaikan. 

"Pada akhirnya, kami ingin melihat lebih jauh apakah Kisspeptin bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk gangguan psikoseksual, dan berpotensi membantu pasangan--yang tak terhitung jumlahnya--yang berjuang untuk hamil."

Studi yang dilaporkan dalam Journal of Clinical Investigation ini juga mencatat akan memempelajari efek dari Kisspeptin dalam kelompok yang lebih besar, termasuk dampaknya pada perempuan maupun laki-laki.

Temuan lain, Kisspeptin juga sepertinya bisa mempengaruhi suasana hati dan mengurangi emosi negatif, dan bahkan mungkin bisa membantu memerangi depresi, tulis peneliti.

Kendati demikian, penulis studi, Dr Alexander Comninos, menegaskan, penelitian lebih lanjut akan diperlukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.