Sukses

Kurangi Risiko Kanker Paru-Paru Akibat Merokok dengan Makan Jeruk

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi buah-buahan serta sayur-sayuran yang memiliki pigmen warna tergolong cerah seperti, jeruk dan paprika diyakini dapat membantu menurunkan risiko seseorang mengidap penyakit kanker paru-paru yang umumnya disebabkan oleh kebiasan buruk merokok.

Melansir Medical News Today, Selasa (24/1/2017), kandungan senyawa yang ditemukan dalam buah atau sayur berwarna cerah yaitu, betacryptoxanthin (BCX) mengurangi jumlah reseptor dari nikotin yang biasanya menjadi bahan bakar pertumbuhan tumor dan kanker di bagian paru-paru.

Hal tersebut diungkapkan dalam Journal Cancer Prevention Research yang merupakan hasil temuan dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Xiang-Dong Wang dan rekan-rekannya di Jean Mayer United States Department of Agriculture Human Nutrition Research Center on Aging, Tufts University, Boston, AS.

Mereka berpendapat, kandungan BCX yang merupakan sejenis karotenoid atau pemberi pigmen berwarna cerah seperti kuning, oranye, merah pada buah dan sayur sangat berfungsi dalam menghambat potensi kanker menggerogoti paru-paru seorang perokok.

Jadi, sangat disarankan bagi perokok yang masih kesulitan berhenti untuk mulai mengonsumsi jeruk dan buah serta sayur lainnya yang memiliki pigmen berwarna tergolong cerah.

Artikel Selanjutnya
Brokoli, Senjata Tepat untuk Perangi Segala Jenis Penyakit Kanker
Artikel Selanjutnya
Perokok Sebaiknya Konsumsi Makanan Ini bila Ingin Paru-paru Sehat