Sukses

4 Cara Mudah Terhindar dari Risiko Stroke

Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir risiko terkena stroke

Liputan6.com, Jakarta Stroke bisa menyerang siapa saja, baik individu belia atau pun dewasa. Tapi, sebuah studi yang dilakukan selama 10 tahun dan melibatkan lebih dari 30 ribu wanita menemukan, mereka yang menjaga pola makan sehat, rutin berolahraga, tak merokok, dan hanya minum minuman beralkohol sesekali serta memastikan BMI di bawah 25, ternyata memiliki risiko 54 persen lebih rendah terkena stroke. Hal sebaliknya berlaku pada wanita yang tidak memperhatikan faktor-faktor yang telah disebutkan itu.

Sebetulnya selain menjaga pola hidup sehat seperti di atas, ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir risiko terkena stroke seperti dikutip dari laman Good Housekeeping, Senin (23/1/2017):

1. Perhatikan angka Anda

Angka yang dimaksud adalah kadar gula darah serta tekanan darah. Bila Anda memiliki diabetes atau dokter memperingatkan bahwa Anda sudah dalam kondisi pradiabetes, pastikan untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Begitu pula dengan tekanan darah, idealnya kurang dari 140/90 dan kadar kolesterol di bawah 100, demikian yang dijelaskan oleh Dr Greene-Chandos.

2. Konsumsi lemak baik

Studi panjang yang dilakukan para peneliti Spanyol menemuan, diet Mediterania yang berbasis tumbuhan dan ditambah dengan minyak zaitun murni (extra virgin olive oil) atau kacang-kacangan seperti walnut, heazelnut, dan almond memangkas risiko penyakit jantung dan stroke hingga 30 persen dibandingkan diet rendah lemak. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengudap buah jenis sitrus atau cokelat

3. Mengudap buah jenis sitrus dan cokelat

Asupan tinggi flavanoid--yang mudah ditemukan pada buah-buahan jenis sitrus--bisa mengurangi risiko stroke iskemik hingga 19 persen. Buah-buahan jenis tersebut juga berkemungkinan mengurangi inflamasi dan meningkatkan fungsi pembuluh darah, demikian yang diungkap sebuah studi di AS.

Sementara studi lain yang melibatkan 21 ribu orang di Inggris menungkap, mereka yang mengonsumsi hingga 100 gram cokelat jenis apa pun setiap hari memiliki risiko 25 persen terhindar dari masalah kardiovaskular termasuk stroke.

4. Cari pertolongan ketika depresi

Depresi dalam jangka panjang diketahui meningkatkan risiko stroke hingga dua kali lipat pada individu usia di atas 50. Hal ini bisa jadi terkait dengan kebiasaan kesehatan, inflamasi, peningkatan tekanan darah, serta perubahan biologis lainnya.

Bila Anda mengalami depresi, sebaiknya segera temui dokter untuk mendapat rujukan tenaga medis tepat yang bisa membantu memberi terapi atau pengobatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Stroke adalah kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak.

    Stroke

Video Terkini