Sukses

6 Makanan dan Minuman Terbaik Kala Menstruasi

Beberapa makanan dan minuman berikut bisa meredakan efek samping menstruasi seperti kram perut, kembung, hingga suasana hati yang berubah.

Liputan6.com, Jakarta Ketika menstruasi datang, seringkali kita mengalami beberapa efek sampingnya, mulai dari kram perut, kelelahan, perut kembung, hingga suasana hati yang berubah-ubah akibat rasa nyeri di beberapa bagian tubuh.

Untuk mengurangi beberapa efek samping tersebut, coba konsumsi salah satu makanan dan minuman di bawah ini yang telah terbukti mampu mengurangi efek samping haid, seperti dilansir dari Purewow, Senin (23/1/2017):

1. Jeruk

Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang memiliki tingkat kalsium dan vitamin D yang tinggi dalam tubuhnya cenderung tidak mengalami gejala menstruasi yang terlalu intens. Alasannya karena kalsium dapat mengurangi depresi dan kecemasan di otak, sedangkan vitamin D mengatur enzim yang mengubah triptofan menjadi serotonin (neurotransmitter yang membantu mengatur suasana hati). Selain jeruk, yoghurt pun juga mengandung dua nutrisi tersebut.

2. Selai almond

Makanan ini bisa memberikan Anda cukup protein dan serat yang dapat membantu menstabilkan gula darah Anda. Dengan begitu dapat mengurangi keinginan Anda untuk mengemil makanan-makanan yang kurang sehat.

3. Roti gandum

Gandum kaya akan nutrisi yang baik bagi tubuh. Mereka merupakan sumber yang baik dari magnesium karena dapat membantu mengurangi ketegangan otot, serta mengandung vitamin B dan E yang telah ditunjukkan dapat melawan rasa lelah dan depresi, terutama ketika menstruasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teh

4. Teh

Untuk membantu meringankan kejang otot, mengurangi kecemasan, serta mengurangi rasa mudah tersinggung yang seringkali terjadi saat haid, Anda bisa meminum secangkir teh chamomile hangat. Namun jika gejala yang dirasakan adalah perut mual dan kembung, minumlah teh jahe hangat.

5. Pisang

Pisang kaya akan vitamin B6, magnesium, dan kalium yang dapat mengurangi retensi air dan perut kembung yang biasa terjadi saat haid.

6. Semangka

Saat haid, mungkin seringkali Anda menginginkan makanan-makanan manis. Namun sebenarnya daripada mengonsumsi makanan manis yang belum tentu sehat tersebut, lebih baik konsumsi buah yang mengandung gula alami seperti plum, buah ara, dan semangka. Mereka semua dapat melawan rasa kembung dan diare yang kadang terjadi saat haid.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.