Sukses

6 Manfaat Sehat Jalan Tanpa Alas Kaki

Liputan6.com, Jakarta Sepatu, sandal atau alas kaki sudah jadi hal penting dalam kehidupan masyarakat modern. Tak hanya saat di luar rumah, penggunaan alas kaki pun banyak digunakan di dalam rumah. Namun jika ada kesempatan cobalah untuk jalan kaki tanpa sepatu karena ada manfaat di baliknya.

Saat di pantai atau taman, silahkan lepas sepatu atau sendal Anda. Manfaat yang nanti dirasakan begitu luar biasa. Apa saja manfaatnya? Mulai dari membantu menenangkan pikiran hingga membantu tidur lebih lelap. Berikut selengkapnya seperti mengutip Mind Body Green, Senin (23/1/2017).

1. Menenangkan pikiran

Saat sedang menggunakan sepatu, kita cenderung tidak memperhatikan apa yang diinjak. Berbeda halnya saat bertelanjang kaki yang membuat kita jadi peduli apakah ada batu atau kerikil yang akan diinjak.

Kesadaran akan apa yang ada di depan membuat pikiran fokus pada proses jalan kaki. Hal ini membantu seseorang jadi fokus di tempatnya berada.

2. Meregangkan otot kaki

Jalan tanpa alas kaki memperkuat dan meregangkan otot, tendon, dan ligamen yang ada di telapak, pergelangan dan betis. Bila sering dilakukan ini akan membantu mencegah cedera, lutut tegang, dan masalah punggung.

3. Sesi refleksi gratis

Seringkali Anda membayar puluhan ribu rupiah untuk mendapatkan jasa pijat refleksi. Namun dengan berjalan telanjang kaki tidak perlu mengeluarkan dana. Setiap kali kaki melangkah lalu menginjak batu atau kerikil itu bisa menstimulasi titik-titik refleksi. Jika terasa sakit di beberapa area, ini artinya butuh stimulasi dengan memperbanyak jalan bertelanjang kaki.

1 dari 2 halaman

Mengurangi cemas dan depresi

4. Mengurangi kecemasan dan depresi

Saat berjalan di taman dengan kaki telanjang, Anda bisa merasakan lembut kasarnya rumput. Dan ternyata, jalan tanpa alas kaki bisa menurunkan depresi dan cemas hingga 62 persen.

Pengalaman bersentuhan langsung dengan tanah dan rumput juga membuat tubuh melepaskan hormon endorfin. Sehingga orang tersebut merasakan bahagia.

5. Tidur lebih lelap

Orang-orang zaman dulu meyakini bertelanjang kaki di atas rumput merupakan cara untuk mengatasi sulit tidur atau insomnia. Walau tidak ada bukti ilmiah, hingga kini hal ini pun masih dipercaya.

6. Terkoneksi dengan alam

Bumi sendiri memiliki ion negatif. Saat bertelanjang kaki merasakan tanah dan rumput membuat tubuh terhubung langsung dengan ion negatif.
Ion negatif sendiri bisa membantu tubuh lakukan detoksifikasi, tenang, mengurangi peradangan, mengembalikan jam internal tubuh. Salah satu tempat untuk mendapatkan ion negatif itu di pantai.

Artikel Selanjutnya
Ini Alasan Ibu Jari Kaki Tiba-Tiba Kram
Artikel Selanjutnya
Sehat Tak Harus ke Gym!