Sukses

Yoga Terbukti Bisa Mengatasi Nyeri Punggung

Dibanding tidak berolahraga, berlatih yoga bisa meringankan rasa nyeri punggung.

Liputan6.com, New York- Bagi orang dengan keluhan nyeri punggung, tak ada salahnya rutin melakukan yoga terlebih bila diperbolehkan dokter. Hasil studi mengungkap rutin yoga memiliki dampak lebih positif dalam mengatasi sakit punggung dibandingkan tidak melakukan olahraga sama sekali.

Fakta ini diketahui setelah peneliti menganalisis belasan studi. Terbukti berlatih yoga selama enam bulan lebih efektif dalam membantu meringankan nyeri punggung dibandingkan tidak melakukan olahraga sama sekali.

"Nampak bahwa yoga itu lebih baik dibandingkan tidak melakukan olahraga sama sekali. Terlihat ada sedikit pengurangan nyeri dan ada perbaikan fungsi punggung dari rentang kecil hingga sedang," kata ketua tim peneliti, Susan Wieland seperti mengutip Fox News, Senin (23/1/2017).

Penting diketahui juga, tidak selalu berlatih yoga bisa meringankan nyeri punggung. Sekitar lima persen dari pasien nyeri punggung mengatakan kondisi mereka jadi lebih buruk.

"Risiko buruknya bisa ringan atau sementara, tapi sebenarnya hal ini sering terjadi pada olahraga lain. Tidak ada olahraga yang benar-benar aman." kata Wieland lagi.

Berdasarkan hal ini Wieland menyarankan jika pasien memiliki nyeri punggung kronis dan tertarik menjajal yoga untuk mengurangi rasa nyeri, coba konsultasikan dengan dokter.

"Pastikan juga kelas yoga yang diikuti khusus untuk mereka yang memiliki masalah nyeri punggung. Pastikan juga guru yang mengajar terlatih. Sehingga ini akan meminimalisir kesempatan alami cedera saat berlatih yoga dan mendapatkan manfaatnya," saran Wieland lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini