Sukses

Dari Jus Mentimun Sampai Air Kelapa Mampu Lunturkan Batu Empedu

Benarkah sejumlah minuman di bawah ini berkhasiat untuk melunturkan batu empedu?

Liputan6.com, Jakarta Penderita batu empedu kategori tahap awal biasanya dianjurkan menjalankan pola makan yang sehat. Asupan makanan sehari-hari dapat memengaruhi perkembangan penyakit batu empedu. Sehingga ada sejumlah makanan dan minuman yang harus dihindari dan baik dikonsumsi.

Berikut sumber minuman yang dapat menghilangkan batu empedu secara alami, asalkan masih kategori tahap awal, seperti dikutip dari situs Boldsky pada Senin (23-1-2017)

1. Jus mentimun

Jus mentimun cocok diminum oleh individu dalam menghadapi tingginya kandungan lemak dalam tubuh, termasuk menghilangkan batu empedu.

Minum jus mentimun dua kali dalam sehari, selama 10 hari, merupakan solusi paling mudah untuk mengeluarkan batu empedu.

2. Air lemon

Air lemon mengandung tinggi antioksidan, sehingga cocok dikonsumsi bagi penderita batu empedu, tapi tidak dianjurkan untuk pasien yang juga punya masalah lambung. Jangan terlalu memaksa karena bisa-bisa malah berbahaya.

3. Jus buah pir

Banyak penelitian kesehatan yang mengatakan bahwa jus buah pir ampuh melarutkan batu empedu

4. Air kelapa

Banyak juga orang yang menyarankan pasien batu empedu untuk rajin minum air kelapa. Namun, sampai saat ini, belum ada penelitian medis yang menghubungkan antara pengaruh air kelapa hijau dengan penyakit batu empedu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyakit batu empedu atau kolelitiasis merupakan gangguan kesehatan dimana terdapat batu dalam kandung atau saluran empedu

    Batu Empedu