Sukses

Selain Pneumonia, George HW Bush Didera Parkinsonisme Vaskular

Liputan6.com, Houston, Amerika Serikat Mantan Presiden Amerika Serikat George H. W Bush sedang dirawat karena pneumonia. Ia dalam tahap perawatan intensif di sebuah rumah sakit di Houston tatkala dokter mengevaluasi kesehatan dirinya sebelum memutuskan untuk memakaikan Bush tabung pernapasan.

Masalah kesehatan yang mendera dirinya, termasuk parkinsonisme vaskular, yaitu sindrom langka yang mirip penyakit Parkinson. Bush, yang berusia 92 tahun juga menderita kerusakan vertebra (tulang punggung) pada tahun 2015 yang menyebabkannya menggunakan skuter bermotor atau kursi roda dalam beberapa tahun terakhir.

Dilansir dari laman Newsmax, Senin (23/1/2017), berikut ini beberapa jawaban soal pertanyaan tentang kesehatannya.

Kapan pasien pneumonia membutuhkan tabung pernapasan?

Ketika seorang pasien tidak mendapatkan cukup oksigen dalam darah, dokter akan memasukkan pipa napas dari plastik lunak ke dalam tenggorokan dan menghubungkan pasien ke mesin pernapasan, yang disebut ventilator.

Pasien biasanya dibius terlebih dahulu karena proses memasukkan tabung akan terasa tidak nyaman.

"Artinya, pneumonia benar-benar buruk dan bisa mengancam nyawa," kata Dr Michael D. Schwartz, pulmonologis dan dokter perawatan kritis di National Jewish Health in Denver, Colorado.

1 dari 5 halaman

Tabung pernapasan

Kapan penggunaan tabung pernapasan dilepas?

Semakin lama pasien yang menggunakan tabung pernapasan, semakin tinggi pula risiko infeksi sekunder. Jadi, ketika seorang pasien sudah membaik tapi masih menderita batuk yang cukup berat, dokter akan melepas tabung dan membiarkan pasien tenang (sedasi).

Selama kondisi sedasi, delirium (gangguan mental serius) dapat muncul, terutama bagi pasien usia lanjut sehingga dokter akan memantau, apakah pasien merasa gelisah dan bingung, kata Michael.

Apa risiko pneumonia?

Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang ringan atau berat. Pada pasien lansia berisiko terjadi komplikasi yang mematikan.

Mantan presiden ini menulis pesan kepada Presiden terpilih Donald Trump pada 10 Januari 2017. Ia mengatakan, tidak akan mampu menghadiri pelantikan presiden pada Jumat (20/1/2017) karena perintah dokter.

2 dari 5 halaman

Parkinsonisme vaskular

Apa itu parkinsonisme vaskular?

Orang yang didiagnosis kondisi berjalan dengan langkah terseok-seok dan scan otak menunjukkan, mereka menderita stroke kecil. Bagaimanapun, penyakit ini tidak memiliki tremor karakteristik penyakit parkinson dan tubuhnya tidak merespons untuk obat-obatan parkinson yang masuk.

"Pasien akan tampak seperti menderita parkinson dari pinggang ke bawah. Dari pinggang ke atas, mereka terlihat sangat ekspresif," kata Dr Alberto Espay dari University of Cincinnati Gardner Neuroscience Institute.

Apakah parkinsonisme vaskular berbeda dari penyakit parkinson?

Hal ini berbeda. Penyakit parkinson berkembang ketika sel-sel yang memproduksi salah satu kimia otak, yang disebut dopamin, mulai rusak dan mati. Dopamin berfungsi mengangkut sinyal ke bagian otak yang mengontrol gerakan.

Sementara itu, parkinsonisme vaskular dapat meniru sejumlah gangguan lain, termasuk penyakit Parkinson, progresif palsy supranuclear (gangguan otak), dan cairan yang berlebihan pada otak.

3 dari 5 halaman

Komentar dirinya

Apa komentar Bush soal kondisi dirinya?

Dalam sebuah wawancara pada 2012 dengan majalah Parade, Bush mengatakan, penyakit ini memengaruhi kakinya. Hal ini memang tidak menyakitkan.

"Anda bisa meminta kaki untuk bergerak tapi kaki tidak bergerak. Ini aneh. Tapi bila Anda menderita beberapa penyakit yang parah, bisa dibilang penyakit ini lebih baik dibandingkan penyakit lainnya," ucap Bush.

Ia pun kesulitan menghadapi penyakitnya karena Bush termasuk orang yang aktif berolahraga.

Bagaimana cara mengobati parkinsonisme vaskular?

Karena kondisi ini tidak merespon dengan baik untuk obat-obatan, yang digunakan untuk mengobati penyakit parkinson, pengobatan bergantung terhadap penurunan faktor risiko stroke.

Artinya, pasien harus berhenti merokok, berolahraga, makan makanan yang sehat, dan minum aspirin (obat atasi rasa sakit) tiap hari sehingga pasien dapat menerima terapi fisik untuk meningkatkan keseimbangan tubunya.

"Terapi fisik dapat membantu dengan meningkatkan keseimbangan dan berjalan, tapi kerusakan otak tidak dapat dikembalikan, kata Dr Corneliu Luca, asisten profesor neurologi di University of Miami.

4 dari 5 halaman

Penyebab muncul

Apa penyebab munculnya parkinsonisme vaskular?

Ini adalah jawaban rumit. Pemikiran konvensional mengatakan, penyakit ini disebabkan oleh stroke. Espay telah menulis sebuah makalah mempertanyakan, apakah parkinsonisme vaskular terkait dengan penyakit pembuluh darah.

Apa komplikasi parkinsonisme vaskular yang paling mematikan?

Kekhawatiran terbesar karena penyakit ini dapat menyebabkan patah tulang. Bush mengalami patah tulang pada tulang belakangnya. Hal ini tidak diketahui, apakah patah tulang berkaitan dengan parkinsonisme vaskular.

Artikel Selanjutnya
Hati-Hati, Ini Gejala Samar Kanker Paru
Artikel Selanjutnya
Pusing Tanpa Sebab, Perlukah Cek ke Dokter?