Sukses

7 Perubahan di Payudara Wanita yang Patut Waspadai

Liputan6.com, Jakarta Seiring bertambahnya usia, perubahan yang terjadi pada payudara wanita berbeda satu sama lain.

Kadang-kadang perubahan tersebut tidak perlu dikhawatirkan, tetapi dalam beberapa kasus perubahan itu mungkin patut diwaspadai karena bisa menjadi tanda kalau Anda mengidap kanker payudara.

Dikutip dari Pulse, Senin (23/1/2017), kanker payudara merupakan jenis kanker paling umum yang diderita kaum wanita dan salah satu jenis kanker yang cukup menakutkan setelah kanker serviks.

Kanker payudara dapat mematikan jika tidak terdeteksi dan diobati pada tahap awal. Waspadai tanda-tanda peringatan dini untuk mendeteksi kanker payudara dan biasanya ketika tanda-tanda tersebut diabaikan maka menyebabkan masalah serius.

Tanda-tanda peringatan kanker payudara yang tidak sama untuk semua wanita. Waspadai tujuh perubahan ini pada payudara Anda:

1. Benjolan atau penebalan di sekitar ketiak atau sisi dalam payudara. Biasanya benjolan itu kecil tapi makin lama makin membesar.

2. Keluar cairan mengandung darah, cairan encer dengan warna merah atau coklat, keluar sendiri tanpa harus memijit puting susu. Hal ini berlangsung terus-menerus, hanya pada satu payudara (unilateral).

3. Rasa sakit terus menerus, biasanya di sekitar payudara.

4. Terbentuk dimple (kulit mengkerut-cekungan pada kulit) di sekitar payudara.

5. Nyeri luar biasa dan rasa gatal di daerah puting.

6. Perubahan ukuran payudara.

7. Pembengkakan, kulit di sekitar payudara menjadi lebih gelap, dan muncul rasa kurang nyaman di sekitar payudara atau di payudara.

Artikel Selanjutnya
10 Tanda Awal Kanker yang Kerap Diabaikan
Artikel Selanjutnya
Waspadai Faktor Risiko yang Berpotensi Sebabkan Kanker Payudara