Sukses

5 Alasan Kentut Baik bagi Kesehatan Tubuh

Kentut adalah bagian penting dari sistem pencernaan dan tanda bahwa tubuh dalam keadaan prima.

Liputan6.com, Jakarta Meski dianggap menjijikkan, kentut merupakan tanda dari usus dan tubuh yang sehat.

Kentut adalah bagian penting dari sistem pencernaan dan tanda bahwa tubuh dalam keadaan prima. Itu alasan kenapa kentut menjadi wajib setelah pasien menjalani operasi untuk memastikan semua usus atau organ tubuh lainnya  kembali normal.

Kentut adalah cara organ dalam tubuh menghembuskan napas. Jika tidak lewat kentut, gas tersebut akan mencari jalan lain untuk keluar melalui tempat lain, lewat mulut misalnya.

Jadi jangan malu untuk kentut. Sebab jika sulit kentut, justru Anda harus khawatir karena itu tandanya tubuh tidak dalam kondisi baik dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Berikut 5 alasan Anda harus kentut saat waktunya tiba seperti dikutip dari Pulse, Senin (23/1/2017):

1. Mengurangi kembung

Kentut teratur membantu menyingkirkan kembung yang biasanya disebabkan oleh makanan tertentu seperti karbohidrat atau makanan manis. Biasanya kentut ini akan diikuti rasa mulas dan perasaan tidak nyaman dalam perut.

2. Tanda tubuh sehat atau sebaliknya

Kentut bisa membantu menentukan kondisi kesehatan seseorang. Ini bisa diketahui dari jenis kentut yang keluar: kentut tanpa suara dan bau atau sebaliknya.

Sebagai contoh jika kentut benar-benar bau maka mungkin ada gangguan pencernaan akibat infeksi saluran pencernaan dan dalam beberapa kasus indikasi masalah kesehatan mendasar seperti penyakit Crohn (orang-orang yang menderita penyakit ini setiap kali kentut akan sangat bau).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indikator kualitas diet

3. Indikator untuk memperbaiki kualitas diet

Orang yang tidak kentut mungkin perlu meningkatkan asupan nutrisi. Jika gas dalam tubuh tidak dikeluarkan melalui kentut maka mikroba dalam usus mungkin tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

4. Meredakan tubuh

Kentut secara alami melepaskan tekanan pada sistem percernaan yang disebabkan segala sesuatu yang masuk ke dalam tubuh setelah sistem pencernaan selesai memproses.

5. Menghirup kentut baik untuk tubuh

Studi menunjukkan bahwa kentut mengandung hidrogen sulfida yang jika Anda hirup dalam jumlah kecil akan mengurangi kerusakan sel. Hal ini bisa mengurangi potensi stroke atau penyakit jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini