Sukses

Khasiat Jus Jeruk dan Almond Atasi Batu Empedu

Liputan6.com, Jakarta Selain batu ginjal, tentu Anda pernah mendengar masalah kesehatan batu empedu, bukan?

Empedu, organ kecil menyerupai pir yang letaknya di bawah lever atau kanan atas perut ini berfungsi memecah lemak makanan di pencernaan.

Empedu menyimpan cairan, lemak dan kolesterol. Organ ini juga memungkinkan nutrisi yang larut dalam lemak untuk dicerna lebih mudah oleh pencernaan sehingga proses pencernaan tubuh lebih mudah.

Namun, batu empedu terjadi ketika cairan empedu dan kolesterol mengeras dan membatu di empedu. Batu empedu bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti inflamasi, infeksi, nyeri, serta cholecystitis.

Salah satu cara untuk mengatasi batu empedu adalah melalui proses pembedahan. Tetapi, laman Boldsky menulis alternatif alami untuk mengatasi batu empedu menggunakan almond dan jus jeruk segar.

Menurut Boldsky, Senin (23/1/2017), bila rutin mengonsumsi ramuan ini, batu empedu bisa diatasi dengan baik. Anda pun perlu memperhatikan pola makan dan menghindari menu makanan berlemak jika menderita gangguan batu empedu.

Bahan

4-5 butir almond
1/4 cangkir jus jeruk segar

Cara

Masukkan kedua bahan ke dalam blender. Blender bahan hingga tercampur rata. Minum campuran ini setiap pagi sebelum sarapan dan rutinkan selama 4 bulan.

Almond kaya kalsium dan magnesium yang bisa menyeimbangkan cairan empedu dan kolesterol di empedu. Ini akan mengurangi pembentukan batu empedu.

Jus jeruk merupakan sumber vitamin C. Secara alami vitamin C bersifat asam dan secara perlahan bisa menghancurkan batu empedu.

Sebelum mencoba resep ini, sebaiknya cek kondisi lambung Anda lebih dulu atau konsultasikan dengan dokter.

 

Artikel Selanjutnya
Tisane, Teh Herbal dari Prancis untuk Redakan Nyeri Menstruasi
Artikel Selanjutnya
5 Rahasia Perawatan Alami Saat Sakit di Rumah