Sukses

7 Cara Hindari Bau Badan

Seperti fungsi vaksin bagi penyakit, mandi pun menghindarkan Anda dari bau badan tak enak.

Liputan6.com, Jakarta Bau badan bisa dialami siapa saja, pria maupun wanita. Aroma kurang sedap yang menguar dari tubuh pun bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti misalnya asupan makanan, masalah kesehatan, hingga kurang menjaga kebersihan.

Anda perlu memerhatikan beberapa hal agar terhindar dari bau badan. Berikut tujuh cara mengatasi masalah bau badan, dilansir dari laman Times of India, Minggu (22/1/2017):

1. Jangan melewatkan mandi

Seperti fungsi vaksin bagi penyakit, mandi pun menghindarkan Anda dari bau tubuh tak enak.

Mandi secara rutin mengurangi jumlah bakteri di tubuh yang menjadi penyebab bau badan. Idealnya, manusia mandi dua kali sehari.

2. Deodoran vs antiperspirant

Deodoran menggunakan antiseptik untuk menghalau bakteri di tubuh dan menetralisir keringat. Sementara antiperspirant hanya menutupi bau keringat dengan menuput dan menyumbat kelenjar keringat. Maka, sebaiknya pilihlah produk deodoran berbahan dasar air.

3. Jangan menyemprot parfum pada keringat

Hindari menggunakan cologne ketika sedang berkeringat. Cologne hanya akan menyamarkan bau keringat, karenanya hanya bertahan selama beberapa saat saja. Ketika aroma cologne pudar, bau badan akan semakin menyengat. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gunakan katun

4. Gunakan baju katun

Semakin ketat pakaian Anda, semakin besar kemungkinan Anda berkeringat dan menimbulkan bau. Biarkan tubuh bernapas. Juga hindari memakai pakaian belapis-lapis. Lapisan pakaian berlebih hanya menambah keringat dan bau badan. Pilihlah pakaian berbahan katun yang menyerap keringat.

5. Cukur bulu-bulu di badan

Membiarkan bulu di ketiak atau bagian badan lainnya tumbuh panjang dan lebat jadi salah satu penyebab bau badan. Pasalnya hal itu memicu kelenjar keringat memproduksi keringat lebih banyak.

6. Ubah pola makan

Makanan tertentu seperti bawang putih atau bawang mereka akan membuat bau badan jadi lebih menyegat. Alasannya, komponen sulfur pada makanan tersebut cenderung masuk melalui pori-pori.

Anda tak perlu berhenti mengonsumsi makanan-makanan tersebut, hanya perlu memperhatikan agar asupannya tak berlebihan. Jangan lupa untuk meningkatkan jumlah asupan zinc dan amnesia Anda pula. Kondisi kekurangan supemen terbeut bisa meningkatkan bau badan.

7. Konsultasi pada dokter

Bila bau badan masih membandel setelah mencoba berbagai cara di atas, konsultasikanlah pada dokter. Seringkali bau badan jadi tanda adanya penyakit serius di tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini