Sukses

5 Trik untuk Redakan Rasa Cemas

Ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk meredakan kegelisahan atau cemas tersebut dalam waktu kurang dari lima menit

Liputan6.com, Jakarta Rasa gelisah atau cemas seringkali muncul di saat-saat penting, seperti misalnya saat Anda akan memberikan presentasi besar di depan orang-orang penting di perusahaan Anda, maupun saat Anda menjadi seorang pembicara publik (public speaker), atau saat akan mengahadapi ujian, dan wawancara kerja.

Tanda-tanda kegelisahan atau kecemasan, biasanya berupa denyut jantung yang meningkat serta tangan atau kaki yang gemetar.

Namun untungnya, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk meredakan kegelisahan atau cemas tersebut dalam waktu kurang dari lima menit, seperti dilansir dari Purewow, Minggu (22/1/2017):

1. Bernapas dari salah satu lubang hidung

Ini merupakan teknik kuno yang dimaksudkan untuk membersihkan energi yang terblokir di dalam tubuh.

Caranya, duduk tegak dan tarik bahu Anda ke belakang, tutup lubang hidung kiri terlebih dahulu dengan jari telunjuk dan jari tengah kiri , lalu ambil napas dalam-dalam dari lubang hidung kanan. Kemudian, tutup lubang hidung sebelah kanan dengan cara yang sama seperti sebelumnya, lalu buang napas dengan lubang hidung kiri. Ulangi selama satu hingga tiga menit, dan rasakan bahwa energi kegelisahan berkurang.

2. Buat secangkir teh hijau

Teh hijau mengandung asam amino yang disebut L-Theanine, yang dapat membantu mengurangi stres dan cemas. Ditambah lagi, secangkir hangat teh hijau juga mengandung EGCG, yaitu senyawa yang dapat meningkatkan perasaan tenang. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hitung mundur

3. Hitung mundur 

Trik ini memang tampak aneh, namun sebenarnya dapat membantu meredakan kegelisahan atau rasa cemas Anda.

4. Dengarkan lagu favorit Anda

Mendengarkan lagu favorit Anda disaat rasa gelisah atau rasa cemas muncul, dapat meredakan kedua rasa tersebut. Bahkan cara ini juga dapat meningkatkan suasana hati seperti yang dibutuhkan agar Anda mampu menaklukan hal-hal penting yang akan Anda lakukan.

5. Afirmasi positif

Memberikan kata-kata positif pada diri dan pikiran Anda, dapat meredakan kegelisahan atau rasa cemas. Anda bisa mengatakannya pada diri Anda dengan cara berbisik, sehingga hal ini tidak dapat didengar oleh orang lain.

Namun lebih baik lagi jika Anda pergi sebentar ke kamar mandi, lalu pandanglah mata Anda di pantulan cermin tersebut, kemudian katakan dan ulangi beberapa kali kata-kata positif pada diri Anda, misalnya seperti, “saya pasti bisa melewati wawancara kerja ini dengan baik.” Dengan begini, rasa cemas akan berkurang dan Anda pun akan memiliki kepercayaan diri yang meningkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini