Sukses

Penuh Bakteri, Kapan Waktu yang Tepat untuk Cuci Handuk?

Seberapa lama Anda menggunakan handuk lalu di cuci agar terhindar dari infeksi bakteri?

Liputan6.com, Jakarta Seberapa lama Anda menggunakan handuk lalu di cuci? Mungkin ada yang menjawab seminggu atau sebulan setelah dipakai. Namun, menurut pakar waktu yang tepat untuk mencuci handuk itu setelah tiga-empat hari pemakaian.

Saran pemakaian handuk selama beberapa hari ini muncul dari agensi konsumen dan kesehatan lingkungan di Amerika Serikat. Mereka menjelaskan jika terlalu lama, handuk yang sering lembap tersebut menjadi tempat tumbuhnya bakteri dan jamur seperti mengutip Women's Health, Minggu (22/1/2017).

Lalu, untuk menekan pertumbuhan jamur biasakan untuk menjemur handuk sesudah dipakai. Bukan menumpuknya begitu saja karena membuat handuk lembap lebih lama seperti dikatakan pakar kesehatan dari New York, Keri Petersen.

Bila Anda biasa menjemur handuk di dalam kamar mandi dengan ventilasi udara terbatas usahakan agar pintunya dibuka. Aliran udara yang masuk mengurangi kelembapan di area basah ini.

Saat mencuci handuk baiknya terpisah alias tidak dicampur dengan item yang lain. Telebih jangan dicuci bersamaan dengan pakaian atau lap yang terkontaminasi bakteri. Pakar kebersihan Lisa Ackerly meyakini bila mencuci bersamaan akan membuat bakteri berpindah katanya seperti mengutip Medical Daily.

Untuk memastikan bakteri di handuk mati, bisa merendamnya di air deterjen dengan suhu panas seperti disarankan ahli patologi New York University School of Medicine, Phillip Tierno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini