Sukses

Lupakan Kafein, Cukup Pijat Telinga Saat Dilanda Lelah

Bagaimana cara meredakan lelah yang melanda? Tak usah minum kopi, pijat telinga ternyata ampuh untuk hal itu

Liputan6.com, Jakarta Minum secangkir kopi lumrah dilakukan saat rasa lelah menyerang. Namun, jika asupan kafein tidak mampu menghilangkan penat yang Anda rasakan, ada cara lain untuk menghilangkan kelelahan tersebut, pijat telinga Anda.

Pijat telinga sudah dipakai selama berabad-abad dalam praktik pengobatan Cina. Biar terdengar aneh, tapi orang-orang pada zaman itu sudah membuktikan bahwa pijat telinga dapat mengusir rasa lelah dari tubuhnya.

Caranya cukup mudah. Anda letakkan ibu jari dan telunjuk pada telinga, kemudian pijat dan gosok dengan lembut dari bagian atas telinga hingga ke cuping, bagian yang tidak bertulang pada daun telinga. Ulangi sampai Anda benar-benar yakin rasa lelah mereda.

Dikutip dari situs Purewow, Sabtu (21-1-2017) beragam penjelasan pun muncul untuk meyakinkan orang-orang bahwa cara ini benar-benar ampuh.

Pengobatan Timur mengatakan, memijat telinga dapat mengalirkan energi melalui meridian Anda (saluran energi yang tersebar di dalam tubuh). Sedangkan pengobatan Barat mengatakan, pemijatan telinga dapat menstimulasi pusat-pusat refleks di otak karena telinga penuh dengan ujung-ujung saraf.

Jadi jika saat nanti rasa lelah tiba-tiba menyerang Anda, segera lakukan pemijatan pada telinga Anda untuk meredakannya, tanpa perlu berlebihan mengonsumsi kafein.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.